OPINI

10 ATURAN UTAMA UNTUK MEMBANGUN KURSUS ONLINE PERTAMA ANDA

Bertahun-tahun  telah membantu fakultas melewati sisi gelap pendidikan online, telah mengajarkan saya beberapa aturan sederhana yang saya akan alihkan (dalam cara yang kolegial ) ke semua guru online baru.

 

Aturan 1 : Sediakan ekstra Rinci dalam Silabus Online Anda

Sebagian besar dari kita menghabiskan hari pertama di kelas melalui silabus, meluangkan waktu untuk menguraikan hal-hal yang berbeda, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sepanjang pengajaran kita. Itu kekurangan Kelas online saat ini, sehingga penjelasan silabus harus lebih rinci daripada kelas tatap muka, terutama pada saat penjelasan prosedur. Anda juga dapat mendahului masalah dan menghemat waktu menjawab pertanyaan dengan menciptakan sebuah forum diskusi yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan umum tentang kelas itu sendiri.

 

Aturan 2 : Mulailah dengan Membangun Komunitas

Meskipun tampaknya pendidikan online adalah (seharusnya) usaha fundamental komunal dengan hadirnya diskusi ditengah panggung persoalan. Tapi diskusi itu membutuhkan kepercayaan, yang dapat dibangun melalui latihan pemberdayaan masyarakat. Beberapa pendidik bahkan merekomendasikan untuk menghabiskan dua minggu pertama pada pemberdayaan masyarakat, menegaskan bahwa ia akan membayar sendiri terhadap performa (hasil pelajaran) yang lebih baik selama sisa kursus.

 

Aturan 3 : Desain untuk Web

Aku ingat ketika membangun kursus online pertama saya dengan menyalin ceramah dari kursus saya pada saat tatap muka ke dalam bentuk teks. Entah bagaimana siswa berhasil melewati mereka, memberkati hati mereka. Tapi, tentu saja, lingkungan online adalah didasarkan secara visual, dibangun di atas video, interaksi, eksplorasi, dan lain-lain. Semua komunikasi yang efektif membutuhkan pemahaman tentang aturan lingkungan itu. Jangan melihat lingkungan online melalui paradigma lingkungan tatap muka (face-to-face). Sebaliknya, mengacu pada desain untuk web.

 

Aturan 4 : Akun untuk Sistem Berbeda

Sangat mudah untuk lupa bahwa halaman web beroperasi secara berbeda pada browser yang berbeda, dan terutama pada perangkat yang berbeda. Tanyakan kepada desainer web Anda bahwa segala sesuatu tentang web kursus online akan bekerja pada sistem yang berbeda. Ini adalah ide yang baik untuk memeriksanya dengan mereka sebelum merancang isi sehingga mereka dapat memberikan anda sebuah template yang akan bekerja baik.

 

Aturan 5: Jika Seseorang Bisa Katakan “Ini lebih baik dari anda-It Better Than You”, Lalu Biarkan Mereka.

Ketika pertama kali saya mengajar etika medis, saya menulis deskripsi panjang proyek gen manusia (Human Genome Project) untuk dibaca murid-murid saya.  Kondisi itut butuh waktu dan membosankan.  Kemudian saya menemukan bahwa National Institutes of Health (NIH) memiliki website yang indah yang meliputi segala sesuatu dalam dokumen saya dan banyak hal lainnya.  Akhirnya, saya bisa menghemat waktu banyak dan memberikan materi pelajaran (konten) yang lebih baik dengan mengirimkan mereka ke situs NIH.

 

Fakultas sering berpikir bahwa mereka harus mengembangkan setiap bagian konten dari awal, tapi hampir semua informasi di kepala mereka tersedia di tempat lain. Gunakan web untuk keuntungan Anda sebagai alat bantu daripada menciptakan konten bila hal tersebut memungkinkan.

 

Aturan 6 : Gunakan Sebuah Format yang Konsisten

Manusia pada dasarnya adalah hewan pengenal pola, yang berarti bahwa kita akan mencari pola untuk  memandu tindakan kita. Membuat template dari apa yang Anda inginkan dari siswa dalam setiap modul dan mengikutinya. Berdasarkan hal itu, mungkin modul Anda dimulai dengan sebuah video pendahuluan tentang materi pelajaran, link ke berbagai konten, tiga pertanyaan diskusi, dan lain-lain. Perubahan yang terjadi ditengah pelajaran akan cenderung selalu menyebabkan mahasiswa kehilangan konten atau tugas.

 

Aturan 7 : Ingat Parameter Beban Kerja

Beberapa fakultas tampaknya berpikir bahwa mereka perlu ” make up ” untuk format online dengan menugaskan pekerjaan tambahan, atau mungkin menumpahkan habis bahan/materi pelajaran yang tersedia ke web dan membuat mereka ingin menetapkan semuanya. Akibatnya, mahasiswa mereka mungkin membutuhkan 20 tahun untuk memperlajarinya. Fakultas umumnya menetapkan terlalu banyak konten dalam kelas online. Jika Anda menetapkan terlalu banyak, mahasiswa hanya akan melihat bagian dari itu, dan mereka akan memilih yang dianggap lebih penting tetapi mungkin anda tidak menganggapnya paling penting. Tentukan rentang beban kerja yang baik dan tetap pertahankan hal tersebut.

Aturan 8 : Sediakan Konten dalam Berbagai Format jika Memungkinkan. 

Sementara ada premis bahwa orang memiliki gaya belajar yang berbeda merupakan hal yang agak kontroversial, saya telah menemukan bahwa orang yang berbeda lebih memilih berbagai jenis konten. Untuk alasan ini, serta keperluan ADA , itu ide yang baik untuk menyajikan konten dalam format yang berbeda bila memungkinkan. Hal sederhana bisa dilakukan seperti penyediaan transkrip untuk menemani sajian video.

Aturan 9 : Campur Konten dan Aktivitas

Salah satu kelemahan dari kuliah perguruan tinggi tradisional adalah bahwa ia memisahkan konten dari keterlibatannya. Guru berbicara selama 50 menit atau lebih, dan siswa terlibat dengan materi lainnya sebagai pekerjaan rumah. Tapi bukan seperti ini bagaimana kita belajar. Kita perlu praktek dan refleksi setiap 20 menit atau lebih untuk memindahkan pengetahuan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang kita.  Dalam kelas online, sistem yang ideal yang dikembangkan seperti VoiceThread atau Articulate Storyline (Program untuk Kursus Online) akan memungkinkan para guru untuk menyelingi kegiatannya dengan konten mereka untuk memungkinkan aplikasi langsung dan pemahaman yang lebih baik.

Aturan (10): Dibutuhkan lebih banyak waktu daripada yang Anda Pikir.

Semua anggota fakultas, termasuk saya, meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk mengembangkan konten online. Saya memberitahu fakultas untuk mengembangkan konten mereka selama semester pelajaran berlangsung sebelum kursus online kelihatan hidup. Lebih awal lagi jika semuanya itu memungkinkan.

 

Diterjemahkan oleh Syukri M Nur dengan informasi awal dari laman berikut ini.

http://www.facultyfocus.com/articles/online-education/top-10-rules-developing-first-online-course/

Cantact :

0811580150 atau email syukrimnur@gmail.com

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: