OPINI

Eksekutif Dan Legislatif Bicara Tentang Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kutim, “Hanya Sebuah Mimpi”

Oleh : Irwan Ridwan  Tokoh Pemuda Kutai TumurOleh :
Irwan Ridwan
Tokoh Pemuda Kutai Timur

OPINI, Wartakutim.com – Banyak pejabat eksekutif dan legislatif yang selalu bicara tentang pembangunan di Kutai Timur ini. Mereka bicara tentang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kutai Timur, namun menurut saya inilah sebuah mimpi yang dibangun tanpa tahu kapan akan bangun dari mimpi itu sendiri sehingga hanya menjadi sebuah jargon visi misi dan jika pun terbangun bagaian sebuah puzzle yg tidak beraturan yang dimainkan oleh anak balita.

Menurut ilmu yang saya pelajari dan UU Republik yang saya tinggali bahwa untuk memajukan tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pada suatu wilayah perlu Pengembangan Wilayah (Regional Development) dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada secara optimal.

Untuk mewujudkan Pengembangan Wilayah tersebut perlu sebuah alat atau instrumen yaitu Penataan Ruang. 3 instrumen utama dari Penataan Ruang tersebut antara lain Perencanaan, Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang itu sendiri.

Sejak UU no 26 tahun 2007 tentang penataan ruang terbit.. Kutai Timur belum memiliki sebuah Rencana Tata Ruang Wilayah yang bermartabat buat masyarakat yang bisa menjadi rule dalam Pemanfaatan dan Pengendaliannya. Dan sekarang makin tidak terdengar kabarnya namun pembangunan harus jalan terus menyisakan kelak Puzzle yang tidak selesai atau tak beraturan.

Saya hanya berharap agar Kutai Timur ini bisa segera tinggal landas maju berkembang dengan perencanaan tata ruang wilayah yang Integratif, Efektif, dan Produktif serta Lestari. Yang akhirnya Masyarakatnya Sejahtera sesuai tujuan Kutai dimekarkan. Untuk itu mari kita sama sama mendorong proses Perda penataan ruang ini di Kutai Timur.

To Top