Berita Pilihan

Gerhana Bulan Merah, Dapat Disaksikan Setelah Magrib di Langit Kota Sangatta

Bulan Merah (Foto : palingkuat.com)

Fenomena alam gerhana bulan kembali terjadi pada pekan ini. Gerhana bulan ini termasuk yang unik karena bisa disakikan di seluruh wilayah Indonesia dengan mata telanjang.

Gerhana bulan bisa disaksikan di wilayah timur Indonesia sejak pukul 18.16 Wita hingga pukul 21.45 Wita dan itu bisa disaksikan secara langsung apabila cuaca mendukung atau cuaca lagi cerah.

Warga Sangatta dan warga Kutim pada khususnya, bisa menyaksikan Fenomena tersebut denga sangat jelas, meskipun tanpa menggunakan teleskop. Diperkirakan gerhana bulan merah dapat disaksikan setelah Magrib nanti.

Waktu gerhananya pun terbilang sangat singkat antara lima menit saja dibanding yang umum terjadi pada rentang waktu lima belas menit. Selain itu, warnanya tidak memerah sebagaimana biasanya.

Gerhana bulan total dengan warna sangat merah (biasa disebut blood moon) terjadi jika posisi bulan amat dekat dengan wilayah umbra atau bayangan paling pekat dari bumi. Nah, pada tanggal ini, bulan berada di titik yang agak jauh dari bumi sehingga hanya melintas di wilayah umbra (bayangan bumi) terkecil.

Click to comment
To Top