Politik

Anggaran Pilkada Kutim, Lebih Besar Dialokasikan Ke Honorariun Penyelenggara Pemilu

Pemilukada

Pemilukada

Sangatta,WARTAKUTIM.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur, telah mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kutim 2015 ke Pemkab Kutim. Mengingat semakin dekatnya Pilkada serentak tahun 2015.

Ketua KPU Kutim Fahmi Idrus mengatakan, berdasarkan perhitungan KPU, pesta demokrasi yang digelar pada bulan Desember mendatang menelan anggaran hingga Rp 50 miliar.

Menurut Fahmi, anggaran pelaksanaan pilkada Kutim, lebih besar dialokasikan untuk pembayaran Honor, PPK, PPS dan KPPS. dan anggaran itu lebih besar jika dibandingkan Pilpres 2014 lalu, karena adanaya penambahan jumlah tenaga PPK, PPS dan KPPS, dimasing masing kecamatan.

“Dana honorariun penyelenggara pemilu ada sekitar 50 persen dari anggaran yang diajukan, besarnya sekitar Rp. 25 milliar. Jumlah penyelenggara sebanyak 8,530 orang itu dari tingkat KPU sampai KPPS dan petugas pemutahiran data pemilih.”sebutnya.

Selain anggaran honorariun penyelenggara pemilu, lanjut Fahmi, KPU juga menganggarkan untuk logistik pemilu dan alat kelengkapan TPS,”kalau pilpres lalu anggaran logistis dianggarkan melalui pusat,sedangkan pilkda Kutim ini kita yang menganggarkan,”katanya.

Besar anggaran logistik pemilu dan alat kelengkapan TPS, sebut Fahmi, sekitar 5 milliar. anggaran tersebut untuk pengadaan alat kelengkapan TPS,”anggaran ini diluar bilik dan kotak suara,”sebutnya.

Lanjut Fahmi, selain dua pos anggaran tersebut, KPU juga menganggarkan anggaran sosialisasi untuk pelakdanaan pilkada kutim dan anggaran lainnya yang menyangkut dengan pelaksanaan pemilu, namun pihaknya tidak menyebutkan secara rincih anggaran tersebut.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: