Profil

Profil : Ir. Ordiansyah, MP

Ordiansyah Tarlan

Birokrasi

Ordiansyah Tarlan 218

Nama : Ir. Ordiansyah, MP
Tempat Tanggal Lahir : Banjarmasin 08 oktober 1966   (48 tahun)
Pekerjaan : PNS
Nama Isteri : Qoniawati S.Hut (wiraswasta)
Anak : 1. Ananda Firsty Annisa (Fak. Kedokteran
UGM)
: 2. Muhammad Aldo Ridhoni (STMIK AKAKOM
Yogyakarta)
Alamat : Jl. Diponegoro Gang Antasari RT 09 No. 33 A
Sangatta Utara

————————————————————————————–

1. Biografi Singkat :

Ordiansyah saat ini adalah Pegawai Negeri Sipil pada Pemkab Kutai Timur, sebelumnya pernah bertugas di Maluku tepatnya di Kota Ambon pada Kantor Wilayah Departemen Kehutanan RI di Balai Inventarisasi dan Perpetaan Hutan tahun 1994 hingga tahun 2000. Setelah pindah ke Kabupaten Kutai Timur ia ditugaskan di Bappeda, Kantor Planologi serta Badan Lingkungan Hidup. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur tahun 2010-2013 serta Kepala Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR) ini berlatar belakang pendidikan Magister Kehutanan Universitas Mulawarman dan saat ini tengah menyelesaikan studi Doktoral (S3) juga di Universitas Mulawarman Samarinda.

Selain hobi jogging, membaca dan fotografi, Ordiansyah juga dikenal sebagai  penggiat konservasi dan aktivis sosial media. Berlatarbelakang penguasaan teknis bidang Perencanaan Tata Ruang dan keahlian perpetaan Sistem Informasi Geografis (SIG) serta pemegang sertifikat Penyusun AMDAL, ia terlibat dalam banyak kebijakan penting di Kutai Timur antara lain menjadi anggota Tim Terpadu Penyusunan Dokumen Tata Ruang Propinsi Kalimantan Timur serta Kabupaten Kutai Timur, menjadi anggota dan terlibat aktif dalam percepatan penyelesaian Enclave Taman Nasional Kutai (TNK), ia juga salah seorang birokrat yang masuk dalam Badan pengelola Hutan Lindung Wehea dan pernah duduk dalam Komisi AMDAL Kabupaten.

Di luar jabatan birokrasi Ordiansyah dikenal sebagai Ketua dewan pakar Gerakan Kemasyarakatan G20Mei yang hingga saat ini terus aktif dalam kegiatan sosial dan intelektual khususnya di kalangan generasi muda di Kutai Timur. Pernah dikirim mengikuti Kursus Landuse and Spatial Planning di Singapura tahun 2006 dan Kursus Pengelolaan Sumberdaya Alam di New Zealand tahun 2007, saat ini Ordiansyah menjadi wakil Pemerintah RI sebagi Document Examiner pada kasus Pemerintah RI vs Churchill Mining di International Center for Settlement of Investment Dispute (ICSID) Singapore. Pernah mengejutkan dengan mundur sebagai Kepala Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR) Kabupaten Kutai Timur tahun 2013 lalu, Ordiansyah dikenal memiliki prinsip yang kuat dalam menjalankan prosedur birokrasi seuai dengan perundangan yang berlaku.

Disela kesibukannya sebagai PNS, Ordiansyah dikenal sebagai seorang penggiat Gaya Hidup Sehat (GHS) dan aktif olahraga khususnya lari, bahkan ia telah beberapa kali mengikuti perlombaan lari Internasional 10 dan 12 km diberbagai Kota. Memiliki prinsip “menambah nilai kehidupan dengan berbagi” ini,  sehari hari sangat dekat dengan wartawan dan kalangan aktivis pemuda dan mahasiswa

2. Riwayat Pendidikan :

  • SDN di Banjarmasin
  • SMPN di Banjarmasin
  • SMAN di Banjarmasin
  • Sarjana Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat
  • Magister Ilmu Kehutanan Universitas Mulawarman

3. Riwayat Pekerjaan :

1990 Cruiser pada PT. Sarang Sapta Putera, Purukcahu, Kalteng
1990 -1994 Manager Pembinaan Hutan PT. Alamindo Jaya, Muara Teweh, Kalteng.
1994-1999 PNS pada Balai Inventarisasi dan Perpetaan Hutan (BIPHUT) wil. Maluku di Ambon.
1999-2000 PNS pada BIPHUT Wilayah Kaimantan Timur di Samarinda
2000-sekarang PNS pada Pemkab Kutai Timur
2006 Kepala Sub Bidang Tata Ruang Bappeda
2007 Kepala Kantor Planologi
2009 Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PLTR
2010 Kepala Bidang Konservasi SDA Dinas Lingkungan Hidup
2010 Kepala Bidang Pemanfaatan Hutan / Plt Kepala Dinas Kehutanan
2011 Kepala Dinas Kehutanan
2013 Kepala Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR)

 

4. Media Sosial :

Facebook :  Ordiansyah Tarlan

Instagram  : Ordiansyah tarlan

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: