Ragam

PKK Kutai Timur Raih Banyak Prestasi

im Penggerak PKK Kutai Timur memegang beberapa piagam hasil menjuarai beberapa lomba, nampak Ketua TP PKK Kutim Hj. Siti Robiah Sulaiman (kanan atas) berfoto bersama dengan Ketua TP PKK Kaltim E. Amelia Suharni Faroek (kanan kedua), Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dan Bupati Kubar Ismail Thomas. (RONALL/HMS)

im Penggerak PKK Kutai Timur memegang beberapa piagam hasil menjuarai beberapa lomba, nampak Ketua TP PKK Kutim Hj. Siti Robiah Sulaiman (kanan atas) berfoto bersama dengan Ketua TP PKK Kaltim E. Amelia Suharni Faroek (kanan kedua), Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dan Bupati Kubar Ismail Thomas. (RONALL/HMS)

Sangatta,WARTAKUTIM.com -Rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-12 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Kutai Barat beberapa waktu lalu. Menyisakan banyak kenangan indah serta ilmu yang tidak kalah banyak untuk anggota PKK Kutai Timur. Walaupun jarak tempuh antara Kutim dan Kubar memakan waktu hingga 12 jam lebih, namun hal tersebut tidak menyurutkan niatan ibu-ibu PKK untuk tampil maksimal.

Ketua TP-PKK Hj. Siti Robiah Sulaiman menyebutkan bahwa maksud dan tujuan peringatan HKG dan BBGRM se-Provinsi di Kubar selain memantapkan presepsi semua pihak tentang kerja pemberdayaan perempuan yang dilakukan PKK. Juga untuk menampilkan berbagai kemampuan anggota PKK dari seluruh kabupaten/kota, agar kemudian terjadi saling tukar informasi serta pengalaman dari masing-masing daerah.

“Kita tidak boleh menutup diri dari perkembangan jaman, karena PKK sebagai suatu kesatuan aksi perempuan tidaklah dapat melepaskan diri dari kemajuan. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu mampu menjadikan kader-kader PKK lebih bersemangat, bekerja keras, serta mampu berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat. Bahkan yang paling penting adalah terciptanya jalinan silaturahmi antar seluruh kader di tingkatan Kalimantan Timur,” ungkap Siti Robiah.

Bahkan dalam kegiatan yang dipusatkan di Taman Budaya Sendawar (TBS), Barong Tongkok tersebut, Tim Penggerak PKK Kutim berhasil menjadi Tim Penggerak PKK Berprestasi ke-II dalam rangka Panji Keberhasilan Pembangunan Kaltim, setelah Kabupaten Kutai Kartanegara dan disusul Kabupaten Paser pada urutan ke-III. Selain itu Kutim juga meraih juara II untuk lomba pidato, dimana TP PKK Kota Samarinda pada urutan pertama. Kutim juga menjuari berbagai lomba seperti juara III lomba banner, juara harapan III lomba vocal grup, juara harapan I lomba penyuluhan KB, juara harapan II lomba cipta busana, juara harapan III lomba penyuluhan program posyandu untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Juara II lomba PKK KB Plus Kategori Kabupaten, Juara I lomba prilaku hidup sehat, serta beberapa lomba lainnya.

“Kita tidak menargetkan untuk meraih prestasi pada kegiatan lomba, namun bagaimana kader-kader PKK Kutim mampu menggali berbagai informasi untuk menambah pengalaman dan ilmu dari daerah-daerah lain di Kaltim. Namun saya juga tidak menutup rasa bangga atas raihan prestasi yang didapatkan dan diperjuangkan oleh kader-kader PKK Kutim. Dari sinilah kita menjadikannya titik balik untuk mencapai tujuan besar kita sebagai wadah pemberdayaan kaum perempuan, untuk dapat bersinergi membangun masyarakat dan bangsa,” ungkap Siti Robiah sembari tersenyum.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Kaltim tersebut, hadir dalam upacara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK mewakili Plt Bupati Kutai Timur H. Ardiansyah Sulaiman yakni Asisten I Pemerintahan Syafrudin, MAP, didampingi Kasubag Pendataan dan Dokumentasi Setkab Kutim Irsandi Setiawan, dan salah-satu Kasubag di Bapemas yakni Hatta. “Kita berahap besar agar kegiatan PKK mampu mewarnai perkembangan kabupaten hingga masa mendatang. Telah banyak hal yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK dan berdampak positif bagi masyarakat baik di pedalaman maupun pesisir Kutim. Berbaurnya ibu-ibu PKK dalam ajang tingkat provinsi ini dapat menjadikan mereka sebagai duta daerah, dalam rangka menyampaikan berbagai informasi mengenai kemajuan dan perkembangan pembangunan dari daerah masing-masing,” ungkap mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah ini. (Adv/Sul/hms5)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: