Peristiwa

Legistator Pertanyakan,Raibnya Sejumlah PJU Tenaga Surya Di Jalan Soekarno-Hatta

Agiel Sowarno

Sangatta,WARTAKUTIM.com – Ketua Fraksi PDI Perjuangan Agiel Suwarno mengatakan, raibnya sejumlah Komponen Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya di Jalan Soekarno-Hatta, sepenuhnya merupakan tanggungjawab dinas terkait yakni dinas pekerjaan Umum sebagai penyedia fasilitas penerangan jalan umum. *(Baca : Sejumlah Komponen PJU Tenaga Surya Di Jalan Soekarno- Hatta, Raib)

“PU harus bertanggungjawab dengan hilangnya komponen PJU tenaga surya itu, Apa lagi itu merupakan fasilitas atau aset daerah yang harus dijaga dan dirawat.”kata Agiel saat ditemui diruang fraksi PDIP DPRD Kutim.

Menurut Agiel, Komponen PJU tenaga surya sangat tidak aman untuk ditempatkan didearah yang sangat rawan seperti Jalan Soekarno-Hatta, apalagi daerah tersebut diketahui sangat sepi pada malam hari.

“Kalau kondisi seperti itu, dinas terkait (PU) harusnya bisa memahami, Bagaimana cara mengamankannya, bagaimana cara merawatnnya?. Kalau merasa tidak aman mengapa harus dipasang alat seperti itu (komponen tenaga surya)”tanya dia.

Hal seperti ini, lanjut dia, harusnya dipikirkan terlebih dulu keamanan sebelum menempatkan alat penerangan tersebut ditempat rawan akan pencurian. “kalau tempat seperti itu, harusnya yang dipasang itu PJU yang menggunakan jaringan Kabel, bukan komponen seperti itu,”tegasnya.

Agiel meminta PU segera untuk mendata komponen PJU tenaga surya yang hilang itu, dan dilaporkan kepolisian terhait hilangnya fasilitas yang merupakan aset milik daerah atau negara.

Pihaknya juga berharap dinas PU, lebih memperhatikan keamanan PJU tenaga surya tidak hanya di jalan Soekarno-Hatta, agar tidak terulang lagi seperti kejadian hilangnya sejumlah komponen PJU tenaga surya yang ada di Jalan Soekarno-Hatta.

Sementara itu, kepala dinas PU Aswandini E Tirta, saat dihubungi via telepon mengaku, pihaknya telah mendata semua komponen PJU tenaga surya yang raib belum lama ini.

“Akan kami data komponen yang hilang itu, dan segera melaporkannya di Polres kutim. menurut anggota saya, ada sekitar 7 buah komponen yang hilang,”katanya.

“untuk lebih lanjut kami upayakan untuk segera mengganti komponen yang hilang tersebut, sehingga fungsi daripada lampu jalan tersebut dapat kembali normal dan kami akan memasang pelindung terhadap lampu itu,”sambungnya

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: