Kecamatan

Warga Busang Sesalkan Penghacuran Hutan Oleh Perusahaan Sawit.

kondisi kawasan yang dikirim oleh akun Putra Apau Suling di media social facebook.

Busang,WARTAKUTIM.com – Penghancuran hutan secara besar-besaran sedang terjadi di Long Bentuk Kecamatan Busang, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Seperti diposting oleh Putra Apau Suling di media sosial facebook, masuknya sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit mengubah hutan yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat di sana.

“Tahun 2012 lalu saya mengikuti masyarakat Long Bentuk masuk ke dalam hutan yang begitu sejuk, dengan pemandangan alam yang begitu indah. Selama 10 hari di dalam hutan tidak terasa dan tidak ingin pulang. Pohon kayu yang masih besar, sungai yang masih jernih dengan berbagai binatang yang ada di dalamnya,” tulis Putra Apau Suling berbarengan dengan posting foto hutan yang sudah dibabat habis, Jumat (1/5/2015) siang.

Namun tahun 2015 ini, tambah Putra Apau Suling, keindahaan alam itu sirna dengan hadirnya perusahaan Sawit PT Sumber Abadi Wana Agung yang menggusur wilayah tersebut.

Postingan itu mendapat tanggapan akun Andreas Gentur Panuwun. “Habitat hewan dan sumber daya hayati juga terganggu , entah migrasi kemana. Susah dengan kebijakan pemerintah yang beri izin lahan tersebut”.

Sedangkan seorang lainnya dengan akun Haryono Ang menanggapi; “Hewan-hewan itu mereka sebut sebagai hama padahal tempat itu adalah habitatnya. Jadi yang sesungguhnya hama siapa?” #le

Sumber : BERITAKALTIM.COM

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: