Berita Pilihan

Pemkab Kutim Dinilai Mengistimewakan Ketiga Tersangka Kasus Kenyamukan

532207_10200911951241369_163706226gfgf3_nfdfWartaKutim.Com…Ketiga tersangka kasus pembebasan lahan yang diperuntukkan untuk pembangunan pelabuhan di Dusun Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara, nampaknya sangat istimewa bagi pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Walaupun berstatus tersangka dan telah dikenai status tahanan kota, ketiga tersangka tersebut tak kunjung dicopot dari jabatannya dan Pemkab dinilai telah melakukan diskriminasi.

Ketiga tersangka kasus kenyamukan, seharusnya sudah dicopot dari jabatannya, seperti yang dilakukan terhadap pejabat atau PNS lain yang terjerat kasus korupsi. “Pemkab Kutim bersikap tak adil karena mengistimewakan ketiga tersangka tersebut”.Ungkap Hendra Setiawan, Ketua Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) Kabupaten Kutai Timur. Selasa. 05/5/2015.

Menurutnya, jika hal ini terus dibiarkan, meskipun Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta telah menetapkan status tahanan kota bagi ketiga tersangka kasus pembebasan lahan untuk pembangunan pelabuhan di Dusun Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara, maka bisa dipastikan pemkab Kutim tidak bisa menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

“Jadi kalau PNS sudah jadi tersangka, pemkab harus mengambil tindakan tegas supaya jangan tebang pilih”.Ujar Hendra Setiawan.

Hendra mengaku, penetapan status tahanan kota bagi ketiga tersangka kasus kenyamukan akan menjadi landasan bagi pemkab Kutim untuk memberikan sanksi, tetapi langkah awal harus dilakukan pemkab ialah mencopot kepala dinas yang jadi tersangka dari jabatannya.

“Muncul pertanyaan mengapa orang lain dalam kasus lain dinonakifkan, sedangkan kasus korupsi tidak dinonaktifkan. Mestinya tidak boleh ada yang diistimewakan. Apakah tidak ada lagi figur yang bisa menggantikannya sehingga sosoknya yang kini tersandung kasus korupsi masih dipercaya”.Tandasnya

“Semua orang sama di mata hukum dan semua harus diberlakukan sama agar tidak muncul penilaian miring kepada pemkab Kutim”. (bnr)

Click to comment
To Top