Peristiwa

Setelah Melepas Jabatan Sebagai Bupati, Isran Noor Kembali Melepas Jabatan Sebagai Ketua APKASI

Isran Noor Serah terima Jabatan Kepada ketua APKASI Baru,  Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Mardani H. Maming t

SANGATTA, Mantan Bupati Kutai Isran Noor, didaulat sebagai ketua dewan pembina Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Isran Noor terpilih melalui forum Munas Apkasi yang digelar diJakarta belum lama ini.

Mantan Ketua Apkasi ini, berharap kepada ketua APKASI yang baru, tetap konsisten berjuang untuk kepentingan rakyat.Menurut Isran, bentuk perjuangan untuk yang harus diperjuangkan ketua Apkasi yang baru adalah mendorong revisi UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah (UU Pemda).

“UU Pemda ini telah mereduksi kewenangan bupati/walikota untuk membangun daerah dan melayani rakyat. Kewenangannya ditarik dan diberikan kepada Gubernur, bahkan sebagiannya lagi dikembalikan ke pusat,”kata Isran Noor setelah acara serah terima jabatan.

Isran menilai pereduksian dan penarikan wewenang ini merupakan upaya melemahkan hak rakyat yang telah memberikan mandat penuh kepada pemerintah daerah untuk membangun daerah.

Selain itu, katan dia UU Pemda ini telah mengkhianati semangat reformasi yang sangat menghargai kedaulatan rakyat. “Pengurus APKASI yang akan datang harus memprioritaskan revisi UU Pemda ini agar kewenangan pemerintah daerah dikembalikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Isran Noor mengharapkan APKASI tetap menjadi mitra strategis dan kritis pemerintahan Jokowi-JK, DPR RI, DPD RI dan lembaga lain dalam menjaga kedaulatan dan integritas bangsa Indonesia serta kesejahteraan rakyat Indonesia

APKASI harus terus membangun komunikasi dan kerja sama dengan kepala daerah dari negara lain. Kerja sama, menurutnya, bisa dijadikan forum untuk mempromosikan potensi-potensi daerah yang unggul.”pintanya

Pada forum Munas apkasi tersebut, Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Mardani H. Maming terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Apkasi untuk periode 2015 sampai 2020. Sementara Bupati Bantaeng Prof Nurdin Abdullah sebagai sekretaris Jenderal Apkasi

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: