Berita Pilihan

Puluhan Siswa Ikuti Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kutim

IMG_20150519_101533[1]rrrr

WartaKutim.Com…Rendahnya minat baca masyarakat di Kabupaten Kutai Timur, membuat Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) berinisiatif menyelenggarakan lomba Bercerita tingkat SD/MI Negeri/Swasta Se-Kabupaten Kutai Timur. Lomba ini berlangsung di halaman kantor Perpusda. Selasa 19/5/2015.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kutai Timur Budi Santoso mengemukakan lomba ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan tiap tahun, yang berupaya untuk memperkenalkan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Kutim sebagai lembaga teknis daerah yang bertugas mengembangkan minat baca masyarakat.

“Selain untuk mensosialisasikan keberadaan perpustakaan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kegemaran membaca, menarik minat baca anak tentang buku-buku daerah dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya nusantara, melalui cerita rakyat dapat menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan anak terhadap budaya lokal ”. Ujarnya

Selain itu, Budi Santoso juga menyampaikan, sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan minat baca anak, selain dengan lomba bercerita ini, ada juga lomba-lomba lainnya seperti berpidato, lomba sinopsis, dan lain sebagainya.

Pihaknya mengaku, memilih untuk mengadakan lomba bercerita ini agar terjadi sinkronisasi antara program pusat dengan daerah. “untuk tahun ini kami memilih untuk menyelenggarakan lomba bercerita karena kami melihat lomba bercerita ini merupakan program yang dilaksanakan sampai di tingkat pusat setiap tahunnya, jadi nanti siswa yang keluar sebagai juara pertama berhak untuk mengikuti lomba bercerita tingkat provinsi pada tahun 2015”. Paparnya.

Dijelaskannya, judul cerita yang akan dibawakan oleh masing-masing peserta lomba ini mengikuti ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia lomba yaitu dengan ketentuan cerita tersebut merupakan cerita rakyat yang berasal dari daerah, hal itu diperuntukkan agar siswa-siswi peserta lomba dapat mengenal beragam cerita rakyat.

Sementara itu, untuk mendukung objektifitas lomba sehingga menghasilkan siswa-siswi yang pandai bercerita, pihak panitia penyelenggara menghadirkan tim juri eksternal yang memungkinkan objektifitas dalam memberikan penilaian bisa terjamin, di antaranya ialah tim Juri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan Kepegawaian Daerah yaitu Bpk Padliansyah,SE, Bpk M.Anil Rehman,S.Sos dan Bpk Ismail Sakka ,S.Sos.

“Adapun Peserta yang mengikuti lomba adalah dari kelas IV dan V SD/MI Negeri/Swasta se-Kabupaten Kutai Timur, bagi para pemenang lomba akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan untuk juara I sebesar Rp.2.500.000, Juara II Rp.2.000.000 dan Juara III Sebesar Rp.1.500.000”.Tuturnya

Lebih lanjut, Adapun pemenang lomba Bercerita pada tahun ini adalah dari SD YPPSB I A.n Ernest Rosarini Eka Putri yang meraih juara pertama, juara kedua masih diraih SD YPPSB 3 atas nama A.n Devi Rahmania Putri Akbari dan juara ketiga diraih sekolah SDIT Darussalam atas nama A.n Saina Cintami Abdila Rahma. (idil/bnr)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: