Berita Pilihan

Dua Anak Perusahaan Pt. Telen, Raih Penghargaan Dari Gubernur Kaltim

manajemen perusahaan saat menerima penghargaan proper hijau dari gubernur kaltim. (humas pemkab kutim)

Sangatta,WARTAKUTIM.com – Dari ratusan perusahaan, pelaku usaha dan rumah sakit pemerima penghargaan Program Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dua perusahaan asal  Kutai Timur (Kutim) berhasil meraih peringkat hijau. Perusahaan dimaksud yakni PT Telen dan PT Telen Prima Sawit (TPS) berhasil meraih proper hijau berdasarkan Keputusan Gubernur Kaltim Nomor 660.2/K.351/2015 tentang peringkat kinerja perusahaan dalam mengelola lingkungan hidup tahun 2014-2015.

Berdasarkan penilaian, kedua perusahaan tersebut telah melaksanakan pelestarian lingkungan hidup dengan melaksanakan aspek lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance). Dengan begitu, artinya kedua perusahaan itu, yang juga menjalankan program distribusi kelebihan listrik bagi masyarakat ini berhasil mempertahankan peringkat proper hijau yang juga didapat tahun 2014 lalu. Secara umum peringkat kinerja proper dibedakan menjadi lima. Yakni warna Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam, dimana kriteria ketaatan digunakan untuk pemeringkatan biru, merah dan hitam, sedangkan kriteria penilaian aspek lebih dari yang dipersyaratkan adalah hijau dan emas.

“Kami (perusahaan) bersyukur, karena kinerja kami dalam mengelola dan melestarikan lingkungan mendapat apresiasi yang positif dari pemerintah,” ujar Tiffani Nelwan dari TPG.

Dia menambahkan, perusahaan akan terus berkomitmen meningkatkan prestasi yang diraih dengan cara tetap menjaga serta melestarikan lingkungan disekitar perusahaan dan Kutim pada umumnya.

“Tidak hanya menjalankan program pelestarian lingkungan jangka pendek saat ini, tetapi juga melaksanakan pengelolaan alam secara berkesinambungan. Perlu diketahui, perusahaan milik putra kelahiran Muara Bengkal ini juga ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. Perusahaan ini memiliki Conservation Management Plan (CMP), Best Management Plan (BMP), dan SOP untuk konservasi orangutan yang bekerja sama dengan Ecositrop Universitas Mulawarman (Unmul).”katanya

Selama ini, kata dia dua perusahaan tersebut dikenal sebagai unit usaha yang selalu mengedepankan aspek lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat sekitar, menjadi motor penggerak perekonomian dari awal pembukaan kebun serta penyerapan tenaga kerja local diatas 75 persen. khusus TPS, pernah memperoleh sertifikat ISO 14001 dari LRQA, salah satu badan atau lembaga yang dikenal untuk jasa sertifikasi dan verifikasi keberlanjutan termasuk verifikasi gas rumah kaca dan sertifikasi lingkungan. Perusahaan kelapa sawit ini dinilai mengedepankan pengelolaan pelestarian lingkungan hidup untuk perkebunan sawit.

Terpisah Pemkab Kutim melalui Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman sebelumnya juga telah menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen melestarikan lingkungan disekitar daerah operasionalnya. Bupati berharap pihak perusahaan dapat terus meningkatkan upaya menjaga alam agar tetap sehat dan alami. Tidak hanya itu, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Akhmadi Baharuddin juga memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih kedua perushaaan ini. Menurut Akhmadi, perusahaan ini telah memperlihatkan progres yang membanggakan. Bukan karena PT Telen dan TPS merupakan perusahaan daerah, tapi aksi pelestarian lingkungan yang dilakukan bersama kegiatan operasionalnya memang sangat baik.

?Prestasi yang diraih anak perusahaan Teladan Prima Group ini patut diapresiasi. Tentunya apa yang dilakukan perusahaan ini dapat dicontoh oleh perusahaan lain, yang beroperasi di wilayah Kutim. Perusahaan ini juga menjadi pionir bagi kebun-kebun lain di Kutim dalam upaya konservasi orangutan,? kata Kadisbun waktu itu.

Untuk program yang satu ini, perusahaan telah memiliki satuan tugas (satgas) khusus dan tersendiri untuk melepasliarkan orangutan yang ada dalam areal perkebunan. (hms3)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: