Peristiwa

Pemkab Tetapkan Kadar Zakat Fitrah 1436 Hijriyah

Pemkab Tetapkan Kadar Zakat Fitrah 1436 Hijriyah

Sangatta,WARTAKUTIM.COM – Pemerintah Kabupaten resmi menetapkan jumlah kadar zakat fitrah untuk tahun 1436 H, penetapan ini di lakukan bersama dengan Kementerian Agama Islam Sangatta, Pengadilan Agama Sangatta, Majelis Ulama Indonesia, serta pihak-pihak terkait. Melakukan penetapan yang dilakukan pada Selasa (30/6), di ruang rapat LPTQ di Masjid Agung Bukit Pelangi Sangatta.

Kabagsos Herri Suprianto menyebutkan, dalam rapat yang dilakukan rapat penetapan Zakat Fitrah pada 1436 Hijriyah,untuk kategori pertama yakni sebesar Rp. 40.000 perjiwa, kategori kedua yakni Rp. 34.000 perjiwa, kemudian untuk kategori ketiga sebesar Rp. 28.750.

“Dengan adanya pengumuman ini, maka setiap muslim dipersiahkan untuk dapat menentukan pilihan kategori kadar zakat fitrah seperti yang saya sebutkan. Penentuan kadar zakat fitrah sendiri”kata Harri
Dia menambahkan, zakat fitra dapat berupa beras, jika dengan jumlah 2,5 kilo gram perjiwa. “Kami menginformasikan pada masyarakat muslim, bahwa masyarakat dapat menyalurkan zakat fitrah, zakat maal, infaq, dan shadaqah. Melalui lembaga Badan Amil Zakat Nasional Kutim, maupun juga Unit Pengelola Zakat bentukan Baznas,” jelasnya.

Sementara Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sangatta H. Fahmi Rasyad mengatakan bahwa kadar zakat yang disepakati adalah sesuai dengan kemampuan seluruh elemen masyarakat. Karena ketentuan berzakat tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang kelebihan harta tetapi wajib bagi seluruh umat islam dalam rangka membersihkan diri. Penentuan nilai sendiri dihitung berdasar pada harga beras tertinggi dipasar modern maupun tradisional yang ada di Sangatta dan wilayah sekitarnya.

“Kita melakukan penetapan jauh-jauh hari dilaksanakan agar memudahkan masyarakat muslim di Kutim untuk memilih nilai zakat yang disesuaikan dengan konsumsi individu sehari-hari. Karena ada warga yang terbiasa mengkonsumsi beras dengan nilai berbeda berdasarkan kualitas. Apalagi zakat adalah perintah Allah agar kita mensucikan harta dan kekasyaan kita dari dosa-dosa yang tidak secara sengaja dilakukan, dalam setiap usaha kita mencari nafkah bagi keluarga kita masing-masing,” jelas lelaki bertubuh tinggi besar ini.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Sosial Setkab Kutim yakni H. Herri Suprianto. Hadir dalam kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan umat muslim di seluruh Kutim antara lain, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kutim H. Sobirin Bagus, Kemenag Sangatta H. Fahmi Rasyad, Ketua Pengadilan Agama Sangatta H. Taufikkurahman, Kabag Pengembangan Masyarakat H. Mardiani, Kabid Baznas Kutim H. Nanang Ghazali, serta beberapa pejabat lainnya.

(hms5)
Click to comment
To Top