Peristiwa

Hari Pertama Kerja, PNS dan TK2D Kutim Langsung Disidak

 Asisten Kesra Mugeni (tengah) melakukan sidak hari pertama kerja dilingkungan Setkab Kutim, disambut Bendahara Pengeluaran Rahmad Nur(kanan). (RONALL_HUMAS SETKAB)

SANGATTA,Wartakutim.com — Memasuki hari pertama kerja usai cuti bersama pada Rabu (22/7) kemarin, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur langsung mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah bagian dilingkungan Setkab Kutim.

Sidak sendiri dipimpin langsung oleh Asisten Kesejahhteraan Rakyat (Kesra) Mugeni bertindak mewakili Bupati Ardiansyah Sulaiman. Yang pada saat bersamaan Bupati mengerjakan kegiatan lain, diruang kerjanya. Dalam kegiatan ini, Asisten Kesra didampingi oleh Kabag Humas Muchtar dan Kasubag Kelembagaan Ortal Roni Suryawan. Selain melakukan sidak di Setkab, sidak sendiri berlanjut dilaksanakan ke sejumlah dinas dan badan yang ada di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Sebelum sidak dilaksanakan seluruh PNS dan TK2D dilingkungan Setkab Kutim melakukan apel pagi tepat dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB. Apel pagi dipimpin oleh Staf Ahli Abdul Muthalib. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ardiansyah Sulaiman, Asisten I Bidang Pemerintahan Syafruddin, Asisten II Bidang Pembangunan Rupiansyah, Asisten III Bidang Adminstrasi Umum H.M Edward Adzran, Asisten IV Mugeni, serta sejumlah pejabat lainnya. Setelah upacara, kegiatan berlanjut dengan mengucapkan selamat Idul Fitri baik antara pejabat, PNS, hingga TK2D.

Dalam sidak kali ini, Asisten Kesra melihat bahwa absensi kehadiran awal pegawai kurang dari 90 persen. Tentu hal ini akan ditindak lanjuti dengan pertimbangan lebih lanjut dari pihak Ortal maupun Badan Kepegawaian Daerah (BKD), untuk memberikan peringatan atau sangsi terhadap PNS dan TK2D yang tidak hadir. Pemkab Kutim memberikan apresiasi tinggi pada seluruh PNS dan TK2D yang hadir dan langsung bekerja usai cuti bersama lebaran.

“Tidak ada alasan bagi pegawai dan TK2D untuk menambah jatah libur lebaran. Karena cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah sudah lebih dari cukup. Untuk itu saya meminta kepada seluruh Kepala Dinas dan Badan untuk memberikan pengarahan kepada PNS yang tidak masuk kerja pada hari pertama, karena ini terkait kedisplinan. Apalagi kedisiplinan merupakan langkah penting dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat, yang mengacu pada tugas pokok dan fungsi masing-masing,” jelas Mugeni.

Sebelumnya Bupati Ardiansyah Sulaiman telah menjelaskan mengenai aturan main mengenai hari masuk kerja usai cuti bersama lebaran. PNS dan TK2D harus taat aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan untuk memperpanjang waktu libur. Sebagai seorang abdi negara, PNS dan TK2D dilingkungan Pemkab Kutim harus menaati aturan main.

“Kalau melanggar pasti disanksi, bentuknya bisa melalui surat peringatan hingga penurunan pangkat dan jabatan. Kita memiliki kewajiban sebagai abdi negara untuk menjalankan tugas, pokok, dan fungsi yang telah diatur dalam Undang-Undang Kepegawaian. Jika memang ditemukan ada pegawai yang mangkir dari jadwal kerja yang telah ditetapkan akan diberikan sanksi. Ini untuk menimbulkan efek jera kepada PNS dan TK2D yang membolos tanpa ada keterangan yang jelas,” ungkap Bupati. (hms5/hms8)

Click to comment
To Top