Ragam

Pelayaran Perdana KM. Adithya, Hanya mengangkut 30 Penumpang

Km Aditha

Kapal Motor (KM) Adthya yang mengawali pelayaran rute Samarinda-Parepare tak begitu diminati oleh masyarakat khususnya masyarakat penggunakan angkutan laut. Saat ber labu di pelabuhan Samarinda kapal angkutan penumpang ini hanya mengangkut penumpang ke Parepare, sebanyak 30 orang.

Hal ini tidak sebanding dengan kapasitas kapal yang dapat menampung penumpang dan kendaraan yang mencapai kurang lebih 2500 penumpang dan puluhan kendaraan roda dua dan empat.

Seiring berjalannya waktu, kapal penumpang yang baru beroperasi selama 5 bulan ini terus mengalami peningkatan jumlah penumpang sebanyak kurang lebih 50 persen dari awal pelayarannya ke Parepare. Perlahan tapi pasti KM Aditya mengangkut sebanyak 180 orang, dan di pelayarannya yang ketiga kapal yang pernah menempuh rute Nunukan-Tarakan-Parepare mengangkut penumpang sebanyak 300 orang.

Menurut salah seorang Anak Buah Kapal (ABK) Aswan, di mudik lebaran 2015, khususnya H – 3, KM Adityha yang mengangkut penumpang sebanyak 2000 an orang dari Samarinda menuju Balikpapan . Sebelumnya H-6 kapal buatan Jepang itu mengangkut sebanyak 1800 penumpang.

Kapal ini juga memberikan pelayanan yang cukup memuaskan untuk para penumpangnya, selain hiburan kapal asal makassar ini, juga memberikan fasilitas kamar dengan harga yang tak kalah murah dengan kapal penumpang lainnya.

“Disini, penumpang bisa menikmati hiburan orgen tunggal, Cafe dan fasilitas lainnya. Sengaja kami menyiapkan ini agar para penumpang tidak jenuh saat melakukan perjalanan,”ujar Aswan.

Menurut Aswan, Rute keberangkatan hanya sekali seminggu yakni Hari minggu dari Parepare – Samarinda dan Hari Kamis Samarinda-Parepare. Di musim mudik lebaran, kapal tersebut menambah rute perjalanan menjadi 2 kali seminggu.

Pihaknya memprediksi, di arus balik nanti, jumlah penumpan akan tetap sama pada saat mudik lebaran lalu,”kemungkinan akan sama dengan saat mudik lebaran lalu.”katanya

Click to comment
To Top