Berita Pilihan

SMAN I Rantau Pulung Wakili Kaltim Lomba Perusahaan Siswa Tingkat Nasional

Budi Santoso (KPC), Ilham Surya (Presiden Direktur), Jumiahti (VP Finance) dan Rohadi (pendamping)

Sebanyak tujuh orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, berangkat mewakili Kalimantan Timur, dalam ajang kompetisi bisnis global tingkat Nasional di Jakarta, Jumat (28/8).

Ketujuh pelajar itu diutus setelah memenangkan kompetisi bisnis tingkat Provinsi Kaltim, yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang memiliki program Prestasi Junior Indonesia (PJI). Lomba yang bertitel Indonesian Student Company Competition (ISCC) itu, merupakan kali kedua diikuti oleh siswa SMAN I Rantau Pulung. Keikutsertaan mereka tahun 2014 lalu, menempatkan sekolah itu berapa pada juara ketiga nasional.

Pendampingan PJI di Kutai Timur merupakan salah satu programPT Kaltim Prima Coal (KPC) dalam bidang pendidikan. Kegiatannya berupa pelatihan kewirausahaan pelajar di Kabupaten Kutai Timur. Program ini dimulai sejak tahun 2003. Program PJI hadir dalam bentuk kegiatan rutin setiap tahun, meliputi pendidikan kewirausahaan bagi pelajar, kompetisi simulasi bisnis global, national trading perusahaan siswa dan student company fair. Program lainnya berupa training guru untuk student company dan economics for life.

Rohadi, pendamping kegiatan PJI SMAN I Rantau Pulung mengatakan, kompetitor mereka kali ini berasal dari 11 Provinsi se Indonesia. Antara lain dari Medan, Bali, Surabaya, Semarang, Jogja, Jakarta dan lainnya.

Para peserta lomba ini masing-masing memiliki perusahaan siswa, dengan sistem operasional layaknya perusahaan publik. Mereka menjual saham untuk dijadikan modal awal usaha. Secara nasional, jumlah saham setiap perusahaan siswa adalah 70 lembar saham dengan harga jual antara Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta.

SMA I Rantau Pulung sendiri memiliki perusahaan siswa bernama Evergreen Student Company. Perusahaan ini telah berumur delapan tahun. “Kami diberikan 70 lembar saham untuk dijual. Harga jual saham-saham ini tidak boleh lebih dari Rp 1,5 juta. Kami menjual saham kami ini seluruhnya senilai Rp 700 ribu. Inilah yang kami kembangkan selama enam bulan ini,” kata Jumiahti, Vice President Finance, Evergreen Student Company.

Ilham Surya, Presiden Direktur Evergreen mengatakan, pada kompetisi tahun 2015 ini, perusahaannya memproduksi serta menjual souvenir yang terbuat dari biji-bijian. Dengan produk andalan berupa gantungan kunci dari buah ulin.

Penentuan produk berupa souvenir dari biji-bijian lokal ini ditentukan dalam forum presentasi, yang dilakukan oleh anggota PJI. “Waktu awan plan business ada tiga jenis usaha yang dipresentasikan. Kami memilih bisnis souvenir ini karena paling meyakinkan dan menjanjikan laba bersih yang tinggi,” ujar Ilham.

Terbukti, dalam eman bulan sejak menarik dana masyarakat dari penjualan saham, Evergreen Student Company mampu membukukan penjualan sebesar Rp 7 juta. Dengan performa itu, perusahaan siswa SMAN I Rantau Pulung mampu membukukan keuntungan bersih sebesar Rp 3,6 juta lebih.

Dengan keuntungan tersebut, Evergreen Student Company mampu melipatgandakan keuntungan bagi pemegang saham dari modal Rp 10 ribu menjadi Rp 51 ribu per lembar saham. “Dengan performa ini, kami optimis bisa memenangkan kompetisi bisnis ini. Keuntungan ini termasuk sangat besar disbanding perusahaan siswa lainnya di seluruh Indonesia,” ujar Rohadi.

Persiapan khusus tim Evergreen untuk berkompetisi ke tingkat nasional adalah mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka, karena penggunaan bahasa inggris juga menjadi salah satu nilai penting dalam penjurian. Menurut pembimbing dari Evergreen, menjadi bagian dari perusahaan siswa seperti ini tidak hanya belajar berbisnis, tetapi juga belajar untuk melakukan inovasi, memecahkan masalah, percaya diri, dan tentunya mengelola keuangan yang benar.(*)

Evergreen Student Company – SMA Negeri 1 Rantau Pulung

Ilham Surya – Presiden Direktur

Jumiahti – VP Finance

Siti Alisa – VP of Production

Fitriani – VP of Marketing

Maria Herlinda – PR

Umi Isnawati – HR

Ya’i Adnani – Manager

Rohadi – Pendamping

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: