Berita Pilihan

Awal Tahun Depan Penggabungan Tiga Dinas Direalisasikan

IMG_1237

 

Sangatta, WARTAKUTIM.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur bakal melakukan perombakkan pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hal ini merupakan konsekuensi logis dari keluarnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kepala Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setkab Kutim Ade Baramuli mengatakan, dengan adanya Undang-Undang 23 tersebut, maka akan terjadi penggabungan antar SKPD, yakni Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertambangan, dan Kehutanan.

Dalam penerapan tersebut tentu diperlukan pembentukkan Kelompok Kerja (Pokja), yang leading sectornya ialah Bagian Otda dan Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal), dimana kedua bagian tersebut diberi waktu menyelesaikan kondisi yang terjadi hingga Maret 2016. Tujuannya adalah untuk melakukan pengalihan personil, pendanaan, dan prasarana serta dokumen. Sebab akibat adanya pembagian urusan pemerintahan yang melibatkan pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, yang tertuang dalam UU 27 Tahun 2014 itu.

“Untuk itulah Pemkab Kutim mengambil langkah terkait atas hal tersebut, setelah sebelumnya dilakukan rapat bersama dengan pihak provinsi Kaltim. Langkah pertama ialah segera membentuk tim dengan membuat SK penetapanTim Panitia Pengalihan Pendanaan Prasarana dan Dokumen (P3D), sementara ini pihak kita telah menyiapkan draf SK tersebut agar tim dapat segera bekerja. Lalu langkah kedua adalah segera melakukan pengkoordinasian dengan beberapa pihak terkait, agar proses-proses yang terjadi dilapangan dapat berjalan baik,” ungkap Mantan Kabag Humas Setkab Kutim ini.

Untuk kebijakan pihak Provinsi, ketiga dinas tersebut entah akan dimerger atau dijadikan UPTD (Unit Pengelola Teknis Daerah). Akan tetapi untuk tingkatan kabupaten/kota, jelas akan dilakukan merger. Setelah dilakukan sosialisasi UU 23 Tahun 2014 oleh pihak Pemprov Kaltim, baru Pemkab Kutim yang telah jauh melangkah hingga persiapan penerapan dilapangan termasuk penerbitan SK Tim P3D. Informasi ini diperoleh langsung oleh Kabag Otda Ade Baramuli melalui Biro Pemerintahan Pemprov Kaltim.

Click to comment
To Top