Berita Pilihan

Komunitas RC Speedboat, Dari Hobi Kejar Prestasi

PODIUM

Sangatta, WARTAKUTIM.com – Mungkin anda warga Sangatta, pada sore hari seringkali melihat orang-orang ramai berkumpul di folder air Jl Ilham Maulana dekat Pasar Induk Sangatta Utara. Kalau anda mendekati kerumunan orang yang berdiri di pinggiran folder tersebut, akan melihat ramainya orang memegang remote control dan memainkan speedboat mini. Tentu saja mainan tersebut bukanlan mainan remote control anak biasa, tetapi merupakan jenis mainan yang dibutuhkan skill kemampuan orang dewasa untuk memainkannya.

Dari komposisi harga dan spesifikasi mainan tersebut dengan mainan anak saja sangat jauh berbeda, untuk mainan remote control biasa anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp.70.000 hingga Rp.400.000. Untuk RC speedboat untuk mainan orang dewasa ini harga dasarnya berkisar Rp.8.000.000. Itu baru harga dasaran, belum lagi jika dengan kualitas pro atau bahkan modifikasi. Anda bisa mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah, karena memang dengan penambahan komponen khusus maka RC speed boat akan melaju diatas air dengan lebih mantap.

Seperti dijelaskan oleh salah seorang penggemar RC speedboat, Bocah_Kepai alias Rahmad. Harga RC speedboat jelas berbeda dengan mainan remote control anak-anak biasa. Untuk jenis standar dengan merk Blade Gas Racing Boat merk China, anda akan mendapatkan spesifikasi Hull material fiberglass, hull speed  65km/h, hull size 130*36*22cm, hull weight 6.2, G.W. 12KG, Power 26cc Zenoah gas engine made in China (NOT including clutch), Prop D78*P1.4 aluminum prop partially submerged, NOT Including Servo and Radio Control.

“Harga dasarnya minimal dikisaran Delapan Juta Rupiah, belum ditambah modifikasi. Istri sich sempat sewot dengan pengeluaran yang cukup besar untuk hobi saya ini, tetapi sejak beberapa kali menjuarai kompetisi RC speedboat. Marahnya berubah jadi sayang, karena ketika ada kompetisi diluar Sangatta. Istri dan anak-anak turut mendukung saya, tentu ini hobi yang terarah, selain memiliki nilai hobi, kompetisi, ekplorasi, juga terdapat nilai olahraga yang berupa piala dan sertifikasi kemampuan dari pihak penyelenggara,” jelas lelaki berjenggot tipis ini.

Kegilaan atas hobi RC speedboat tidak hanya menghinggapi Bocah_Kepai, tetapi juga banyak orang. Salah-satunya Nur Rachim atau yang akrab dipanggil Rohim. Semula Ayah dari tiga orang anak ini memiliki hobi menunggangi motor cross, tetapi lambat laun hobinya berubah. Perubahan tadi karena ada protes keras dari anak dan istrinya, bagaimana tidak. Ketika sudah memasuki Sabtu dan Minggu, Rohim seringkali tak berada di rumah dan membuat perhatian pada istri dan anaknya berkurang.

“Dulu isrti dan anak-anak pada ngambek, nggak mau tegur saya seusai pulang main motor cross. Sekarang tidak lagi Mas! Hobi baru ini menjembatani komunikasi kami sekeluarga. Ketika hendak bermain RC speedboat atau bertandang ke rumah rekan-rekan yang memiliki hobi yang sama. Anak-anak sering ikut, istri juga, bahkan kadang saya bisa bermain RC speedboat sembari duduk bersama buah hati. Pokoknya keren, apalagi penggemar RC speed boat tidak hanya berasal dari dalam kota dan luar kota, bahkan rekan-rekan dari luar negeri sampai bertandang ke Sangatta dan mengikuti kompetisi yang kami gelar beberapa waktu lalu,” ungkap Rohim.

Hingga sekarang penggemar RC speedboat makin bertambah dari hari ke hari, mereka menamakan dirinya RCSC (Radio Control Speedboat Club) Sanggatta. Nama sendiri muncul secara tidak langsung, saat mereka hendak mengikuti kejuaraan. Ditanya nama tim mereka apa, lantas muncullah nama RCSC Sangatta. Perlu diketahui anggota klub RCSC berjumlah 40 anggota, pihak klub sendiri membuka kesempatan kepada setiap penggemar RC Speedboat masuk dalam komunitas.

Selain makin dekat dengan keluarga, persahabatan antar penggemar RC speedboat juga makin meluas. Kini anak-anak RCSC Sangatta juga memiliki sahabat dari berbagai negeri. Mulai dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Thailand, Vietnam hingga Australia. Bahkan mereka juga telah mengikuti berbagai kejuaran, baik dalam daerah, provinsi, nasional, hingga internasional. Pada ajang Melaka International Remote Control Race 2015 Malaysia, klub ini meraih Juara II dan III, lantas mereka juga mengikuti  Ramadhan RC Boat di Samarinda, Balikpapan, serta beberapa kota di Indonesia. Inilah mereka para pencinta RC speedboat yang bermula dari hobi lantas mengejar prestasi demi mengharumkan nama Negeri.

Click to comment
To Top