Berita Pilihan

Balita, Generasi Emas Kutim Di Masa Mendatang

2
Sangatta, WARTAKUTIM.com – Perhatian Nor Baiti pada kesehatan balita, ibu dan lansia, bukanlah suatu hal yang baru. Sejak Suami Beliau yakni H. Isran Noor masih memimpin Kabupaten Kutai Timur, wanita kelahiran Loa Janan, 30 Januari 1969 ini telah mencurahkan fokus dan waktunya pada bidang kesehatan terutama balita, ibu, dan lansia.

Ibu dari Muhammad Rahman Isran, Siti Rahmawati Isran, dan Siti Annisa Isran tersebut, sangatlah memahami bagaimana peranan besar balita dan ibu sebagai garda depan keluarga dalam hal kesehatan dan membentuk pola hidup sehat di lingkungan keluarga. Karena itu kesehatan balita merupakan perihal penting yang harus diperhatikan dan digerakkan, mengingat balita adalah generasi emas Kutim di masa mendatang.

“Menjadikan daerah ini mampu tampil diatas daerah lain di Indonesia, haruslah dimulai dengan berbagai langkah yang pasti. Salah-satunya adalah memfokuskan pada penanganan kesehatan balita, ibu dan lansia. Apalagi dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 sangatlah jelas, dimana negara dituntut untuk dapat memberikan perhatian lebih pada ketiganya.

Kedepan dirinya akan mengarahkan bagaimana peranan Posyandu mampu meningkatkan jangkauan pelayanan mereka, mengingat kekurangan informasi dapat menyebabkan balita, ibu, dan lansia tidak mendapatkan prioritas pelayanan akibat ketidaktahuan. Padahal sebagai garda depan, Posyandu kedepan mampu bergerak lebih terarah dengan peranannya sebagai sumber pelayanan dan mendukung program kesehatan nasional. “Hal itu bisa berupa pemberian makanan tambahan (PMT) pada balita, memperhatikan aspek kesehatan dan gizi pada usia lanjut, serta meningkatkan kesehatan ibu,” jelasnya mantab.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: