Berita Pilihan

Peringati HUT Kutim, Ratusan Orang Donor Darah

IMG_2821

Sangatta, WARTAKUTIM.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kutai Timur ke-16, ratusan Pegawai Negeri Sipil, TNI, Kepolisian, hingga Tenaga Kerja Tidak Tetap (TK2D) dilingkungan Pemkab Kutim melakukan donor darah di Gedung Serba Guna (GSG), pada Senin (12/10) kemarin seusai pelaksanaan upacara. Kegiatan ini digelar oleh Bagian Pemberdayaan Masyarakat (Pemas) Setkab yang bekerjasama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI), klinik kantor Bupati, serta klinik DPRD Kutim.

Kabag Pemberdayaan Masyarakat Mardiani mengatakan jika kegiatan donor darah yang dilakukan terkait HUT Kutim pada kali ini, adalah untuk saling berbagi dan berpartisipasi diantara semua elemen pemerintahan. Dengan memanfaatkan momentum untuk mengumpulkan darah, agar dapat memenuhi kebutuhan atau stok darah yang ada di PMI Kutim.

“Kami berupaya memanfaatkan momentum yang terkait dengan peringatan HUT Kutim, dan Insya Allah kegiatan ini akan terus berlangsung pada setiap tahunnya. Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.00 Wita, ada ratusan orang yang terlibat aktif dalam menyumbangkan darah. Baik itu pegawai negeri, anggota TNI, anggota kepolisian hingga TK2D. Bagaimanapun kegiatan ini merupakan kegiatan yang terkait dengan kemanusiaan, sungguh dengan berbagai seperti ini maka kita semua dapat menyelamatkan hidup orang-orang yang membutuhkan darah,” ungkap Mardiani.

dr Mirza salah-seorang dokter yang menangani proses pemeriksaan kesehatan pasien mengungkapkan jika donor darah yang digelar terkait HUT Kutim ke-16 ini mampu menyulut aksi kepedulian setiap orang. Dengan demikian, maka pihak PMI Kutim tentu sangat terbantu dengan adanya kegiatan donor darah, apalagi seperti diketahui bersama angka permintaan pasien setiap harinya dari hanya mengandalkan donor sukarela sangatlah minim.

“Kegiatan ini memantik tingkat kepedulian masyarakat, terhadap pentingnya donor darah. Apalagi dilakukan secara sukarela, selain itu kegiatan donor sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sebaiknya rutin dilalukan dalam waktu tiga bulan sekali. Selain itu dengan mendonor, maka pendonor dapat mengetahui jenis golongan darah dan mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Bahkan dengan mendonor darah maka regenerasi darah dalam tubuh semakin meningkat dan mampu menyehatkan pendonor,” ungkap Dokter tersebut.

Click to comment
To Top