Peristiwa

Perusda Akan Gandeng Investor Untuk Bangun Power Plan

Power Plan Akan menghasilkan Air dan Listrik

perusdaSANGATTA,wartakutim.com –  Perusahan daerah (Perusda) PT Kutai Timur Investama (KTI) akan menggandeng investor PT Serba Dinamika Grup untuk membangun power plan yang sekaligus juga akan menghasilkan air minum.

Power plan yang akan dibangun tersebut akan menggunakan bahan bakar liquid natural gas (LNG). Diharapkan jika bisa terealisasi, maka power plan ini bisa mengatasi devisit listrik Kutim, sekaligus kekurangan air bersih.

PT SDG telah mempresentasikan rencananya pada Rabu (18/11) kemarin, di Kantor Pemkab Kutim. Dalam presentasinya, Yauche Lizar, Direktur Operasional Serba Dinamika Grup mengatakan akan mengambil bahan baku gas dari LNG Badak di Bontang dengan menggunakan truk. Nantinya gas cair tersebut akan digunakan sebagai bahan bakar power plan yang hasil sampingannya adalah air minum.

“Air minum yang dihasilkan nantinya adalah dengan menggunakan panas berlebih dari Power Plan, untuk menguapkan air asin, dimana uapnya ini akan menjadi air minum yang sudah sangat bersih. Prosen ini disebut desalinasi,” jelas Lizar.

Sementara itu, Direktur KTI Suyono mengatakan kapasitasnya power plan tergantung dari permintaan pemerintah dengan kebutuhan lahan sekira dua sampai lima hectare.

Dalam pesentasinya, Lizar juga menyatakan listrik LNG lebih murah dari pada pabrik listrik berbahan baku solar. Asumsinya yakni penghematan per KWH Rp 298,45.

Menurut Suyono, jika ini digunakan di Kompleks Perkantoran Bukit pelangi, maka mampu menghemat Rp 247.116.600 juta untuk kapasitas power plan dengan daya 3 MW per bulan.

Suyono mengaku akan menyeriusi investasi yang bakal ditanamkan Serba Dinamika Grup. Melihat perusahaan tersebut menjamin investasi pembangunan power plan dengan biaya pribadi atau investasi murni.

Karena itu, dalam beberapa hari ini PT KTI bersama PT Serba Dinamika Grup akan melakukan penandatanganan MOU kerja sama pembangunan power plan untuk kawasan perkantoran Bukit Pelangi Kutim. Karena kawasan ini juga masih bergantung pada power plan dengan bahan baku solar.

Click to comment
To Top