Peristiwa

67 Orang Kutai Timur Terima Beasiswa KPC

Tiga Calon Doktor, 17 Calon Master dan 47 Sarjana S1 & D3

eddaf06d-2bd3-4abe-80f4-d08434f96b43Sebanyak 67 orang warga masyarakat Kutai Timur, menerima beasiswa dari program corporate social responsibility (CSR), PT Kaltim Prima Coal (KPC), tahun 2015. Dari jumlah tersebut, tiga orang diantaranya adalah mahasiswa program doctoral (S3), 17 orang program strata dua (S2) dan 47 orang merupakan mahasiswa strata satu (S1) dan diploma tiga (D3).

Acara serah terima beasiswa ini dilangsungkan dalam dua sesi, yakni pada, Senin (7/12), di Wisma Rayah, untuk beasiswa tingkat S1 dan D3, serta, Jumat (4/12), di Tanjung Bara Club, untuk S2 dan S3. Dengan demikian, total beasiswa yang telah diserahkan KPC sejak tahun 2000 lalu adalah sebanyak 1.250 orang.

Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy menyatakan, program beasiswa merupakan salah satu program CSR KPC, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), di Kutai Timur. Menurut Rudy, dengan meningkatnya SDM, maka perekonomian masyarakat juga akan meningkat dengan sendirinya.

“Kami terus bekerja keras untuk kemajuan bersama di Kutai Timur ini. Salah satunya dalah melalui pendidikan. Dalam hal ini saya yakin, dengan meningkatknya kualitas SDM di Kutim, bisa menumbuhkan perokonomian; atau menumbuhkan kesadaran membangun daerah yang sama-sama kita cintai ini,” kata Rudy.

Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Timur DR Edwar Azran SE, MSi dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilakukan KPC sudah sesuai dengan tuntutan jaman. Menurut Edwar, era pasar bebas saat ini, menuntut kualitas SDM yang tinggi, dengan standar yang sama seperti Negara-negara lainnya.

“Kita menghadapi era pasar bebas, yang menuntut kualitas SDM yang tinggi. Apa yang dilakukan KPC sudah sesuai dengan tuntutan jaman. Semangat kita sama, karena pemerintah sudah investasi cukup besar dalam bentuk program wajib belajar 12 tahun dan juga program beasiswa,” kata Edwar.

Manager Community Empowerment KPC Nurul Karim mengatakan, 67 orang penerima beasiswa tahun ini, terjaring dari 127 orang pelamar. Meski demikian menurut Nurul, jumlah penerima belum memenuhi kuota yang tersedia, yakni lima orang S3, 20 orang S2 dan 50 orang S1 dan D3. Peserta yang memenuhi syarat hanya tiga orang mahasiswa S3, 17 mahasiswa S2 dan 47 orang S1 dan D3.

“Penjaringan dilakukan menurut kriteria yang telah ditetapkan oleh Komite Beasiswa KPC. Ini adalah hasil terbaik menurut seleksi tersebut dan selamat kepada kalian yang lulus seleksi dan menerima beasiswa ini,” kata Nurul.

Seleksi yang dimaksud Nurul, meliputi seleksi berkas, pembobotan nilai raport, kemampuan keuangan keluarga pelamar dan asal daerah pelamar. Dalam hal ini tambah Nurul, panitia seleksi mengutamakan pelamar yang berasal dari wilayah sekitar operasional KPC. Kriteria lainnya adalah penilaian karya tulis. Pada tahun ini, temanya adalah ‘Sinergisitas pemerintah, swasta dan masyarakat dalam meningkatkan daya saing daerah melalui kegiatan ekonomi kreatif’.(*)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: