Ragam

Pemuda Pencinta Karts Kutim Membentuk FPKKT

foto bersama pengurus FPKKT usai mengikuti seminar tentanng karst

Sangatta (wartakutim.com)-Sekelompok pemuda pencinta Karts Kutai Timur, membentuk sebuah wadah positif untuk menjaga dan melestarikan kasrt di Kutim. Wadah tersebut berupa forum yang bernama Forum Peduli Karst Kutai Timur (FPKKT).

Koordinator FPKKT Irwan S IP MP menuturkan forum tersebut digagas karena karst Kutim menjadi sorotan publik saat ini, baik terkait potensi dan ancaman kerusakan, maupun potensi yang ada pada karst tersebut.

“Forum ini nantinya akan menjadi mitra pemerintah, seperti memberikan masukan terhadap pemerintah terhadap kebijakan kebijakan pemanfaatan ruang dikawasan karts,”katanya.

Selain itu lanjut dia, FPKKT juga sebagai alat promosi dan sosialisasi kemasyarakat tentang potensi dan ancaman karst di Kutim dan pengenalan kasrt yang ada di Kutim .

“Misalnya program pengenalan melalui sekolah sekolah, seminar seminar. Intinya bagaimana kemudian pengelolaan karst menjadi lestari dengan tujuan untuk promosi wisata alam karst.”jelasnya.

Pemanfaat karst kata dia, bukan pemanfaatan yang sifatnya eksploitatif, tapi konservatif, misalnya ekowisata khusus. “Karena kalau nanti pengelolaan karst kurang baik, bisa merusak ekosistem,” kata Irwan

Lebih jauh Irwan menyebutkan FPKKT terbentuk pada 7 Januari 2016 lalu, dan pihaknya tengah menyusun struktur kepengurusan. Selain itu FPKKT akan melakukan sosialisasi pentingnya kawasan karst kepada masyarakat di kawasan Karst Sangkulirang dan Mangkalihat sebagai tahap awal

“FPKKT nantinya akan melibatkan seluruh elemen masyarakatdi Kutim. Mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pecinta alam, akademisi, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan media”tutupnya (wal)

2 Comments
To Top