Ragam

Pemkab Kutim Akan Lelang Jabatan Sekda dan Kadis

ilustrasi-lelang-jabatanSANGATTA (wartakutim.com) – Pemkab Kutai Timur akan mengadakan seleksi jabatan atau lelang jabatan untuk mengisi jabatan kosong di lingkungan Pemkab, seperti kepala dinas.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kutim M Yusufsyah mengatakan lelang jabatan ini, sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014, khususnya pasal 108 ayat 2, tentang cara pengisian jabatan

“Pelaksanaan seleksi jabatan kepegawaian dikalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan memperhatikan persyaratan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, latihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai yang ditentukan dalam aturan perundang-undangan,” katanya.

Dia menambahkan, untuk lelang jabatan ini, nanti akan dibentuk panitia seleksi (pansel). DImana pansel ini terdiri antara lain, tokoh masyarakat, akademisi, lembaga swadaya masyarakat dan unsur pemerintah sendiri. “jadi tidak mutlak lagi dari Bapejakat,” katanya.

“Dengan berlakunya UU ASN ini, maka semua jabatan yang kosong, akan dilelang. Dan untuk Kutim, yang paling urgensi adalah jabatan Sekertaris Kabupaten, yang saat ini dijabat oleh Pelaksanan Tugas (PLT).”terangnya.

Selain itu kata dia, ada beberapa jabatan Kepala Dinas yang akan dilelang tahun ini. Jabatan kepala dinas yang ditinggalkan karena kapala dinas bersangkutan akan memasuki pensiun. Diantarannya, Kepala Dinas Pertambangan, Dinas Pertanaian, Dinas Perikanan Kelautan. Termasuk, ada puluhan jabatan eselon III, yang juga akan lowong karena ditinggal pejabatnya yang pensiun.

“Persiapan Pansel sudah dilaksanakan. Tinggal menunggu pelaksanaan,” katanya.


Ditanya siapa yang boleh mengikut seleksi, Yusuf mengakui, semua pegawai, yang memenuhi persaratan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, latihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persaratan lain yang dibutuhkan sesuai yang ditentukan dalam aturan perundang-undangan.

Seleksi semua jabatan kepegawaian dibuka untuk semua PNS. Sepanjang memenuhi persaratan, PNS dapat mengikuti seleksi dan mengajukan berkas kepada tim seleksi nantinya. “Sesuai UU, pembukaan seleksi jabatan pimpinan tinggi dan beberapa jabatan kosong lainnya terbuka untuk semua PNS,” katanya (IAN)

Click to comment
To Top