Hukum Dan Kriminal

Polres Kutim Mengamankan 2 Pelaku Pembakaran Lahan

Kasat Reskrim Polres Kutim

Kasat Reskrim Polres Kutim AKP Andika Dharma Sena SIK



Sangatta (wartakutim.com) – Kepolisian Resor (Polres) Kutai Timur mengamankan AW dan YK pelaku pembakaran lahan di Kota Sangatta. Kedua pelaku merupakan karyawan swasta, warga Sangatta dan ditangkap di tempat yang berbeda .

“Kalau AW tertangkap di Kenyamukan. Sementara YK ditangkap di jalan pendidikan Ring road,” sebut Kasat Reskrim Polres Kutim AKP Andika Dharma Sena, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/2/2016).

Pelaku lanjut Andika, tertangkap tangan saat sedang membakar lahan. “YK diamankan sekitar pukul sebelas siang kemarin (Selasa). Sementara AW amankan sore harinya,”sebutnya. Dia menambahkan Luas lahan yang dibakar pelaku pambakaran sekitar 3 Hektar lebih.

Dijelaskan, tujuan pelaku membakar lahan adalah untuk membuat kebun. Menurut Andika, pelaku membakar lahan dengan mengumpulkan ranting kering. Usai Membakar lahan, pelaku lalu meninggalkan lokasi.

“Salah seorang dari pelaku yang kita amankan, informasinya dia disuruh membakar lahan. Yang disuruh membakar lahan ini, kami masih kembangkan, penyelidikannya untuk mengungkap siap aktor pembakaran lahan tersebut,”katanya.

Lebih lanjut dia menambah, kedua pelaku akan dijerat pasal 108 Undang Undang NO.39 tahun 2014 tentang Perkebunan atau pasal 187 KUHP. ” Namun kita fokus UU 39 tahun 2014nya,”katanya.

IA

Click to comment
To Top