Ekonomi

Indomaret dan Alfamart Telah Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

Lokasi Alfamart

Sangatta,wartakutim.com – Kebijakan tentang kantong plastik bebayar rupanya telah diberlakukan di minimarket Indomaret dan Alfamart di kota Sangatta. Alfamart mulai memberlakukan ujicoba dan sosialisasi sejak hari Minggu, 21 Februari 2016 atau sesuai dengan intruksi yang ada dalam Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S 1230/PSLB3-PS /2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar.

Menurut salah seorang kasir Indomart dijalan Yos Sudarso Sangatta, kebijakan kantong plastik berbayar ini mulai di berlakukan sejak 21 Februari 2016 lalu dan kebjakan tersebut masih dalam dalam proses ujicoba dan sosialisasi.

“Harga per kantong plastik seluruh ukuran adalah Rp200.”kata kasir Indomaret yang tak ingin disebutkan identitasnya, Senin, 29/2/2016.

Sejauh ini kata dia, belum ada konsumen yang memprotes kebijakan tersebut. “sejak diberlakukan kebijakan kanton plastik berbayar, belum ada konsumen yang merasa keberatan,”ungkapnya.

Bila Indomaret dan Alfamart sudah memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar,supermarket Bandi Raya dan mini market yang ada di Sangatta justru belum memberlakukan kebijakan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“belum kami berlakukan karena khusus wilayah Sangatta, surat edaran tersebut hanya ditujukan untuk Kota kota Samarinda dan Balikpapan,”kata salah seorang kasir supermarket terbesar di Sangatta.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: