Berita Pilihan

PA Sangatta, Tahun Lalu Lakukan Isbat Nikah Pada 104 Keluarga

ilustrasi nikah isbat |foto Google

SANGATTA. Pengadilan Agama (PA) Sangatta, peduli dengan keluarga yang belum melakukan pernikahan secara resmi alias masih nikah siri. Agar nikah keluarga ini resmi secara agama, PA sangatta tahun lalu melakukan isbat nikah yang dilakukan hampir di seluruh Kecamatan di Kutai Timur (Kutim). Hasilnya, ada 104 keluarga yang bisa dinikahkan. Demikian dijelaskan Humas PA Sangatta yang juga Panitra Muda Hukum, Khairuddin.

“Tahun lalu, kami berhasil melakukan isbat nikah bagi 104 keluarga. Ada yang dinikahkan di PA, tapi sebagian besar dinikahkan di kecamatan. Karena kami melakukan isbat nikah keliling,” katanya.

Isbat nikah keliling dilakukan karena diakui, banyak masyarakat yang karena factor biaya, sehingga tidak melakukan isbat nikah di Pengadilan. Sebab mereka tinggal di kecamatan. Karena itu, PA peduli lalu melakukan isbat nikah keliling.

“Meskipun sudah dilaksanakan di semua kecamatan, tapi kami yakin masih banyak yang belum menikah secara resmi. Bisa jadi, karena saat kami lakukan di kecamatan, mereka tidak ada kesempatan. Karena itu, perlu dilakukan lagi. Tahun ini akan kami lakukan di Wahau, Kombeng dan Kaubun,” katanya.

Khusus untuk anak bagi peserta, khususnya bagi yang sudah tuah dan memiliki anak-anak, menurut Khairuddin, penetapannya dilakukan tangggal mundur. Disesuaikan dengan tenggal, bulan dan tahun pernikahan mereka yang sebenarnya, agar anak-anak mereka bisa mendapat akta kelahiran dari catatan sipil.
“Ini bedanya. Kalau KUA, tidak bisa membuat akta nikah mundur, tapi kalau PA, bisa membuat penatapan akta mundur,” katanya.

Karena KUA tidak bisa buat mundur, maka untuk mendapatkan kepastian hukum bagi anak, maka harus ada lagi perkara asal usul anak, yang bisa memberikan penetapan. (wal)

Click to comment
To Top