Ekonomi

Disperindag Masih Mengkaji Pemberlakuan Kantong Plastik Berbayar Di Kutim

Lokasi Alfamart

Sangatta,wartakutim.com – Meskipun mini market Indomaret dan Alfamart telah memberlakukan kantong plastik berbayar kepada para konsumen yang berbelanja di mini market tersebut Namun sampai sejauh ini pemerintah Kabupaten melalui dinas perindustrian Kutai Timur belum mengeluarkan aturan tentang penerapan kantong Plastik berbayar tersebut.

Kepala Disperindag Kutai Irawansyah mengatakan, mini market yang sudah memberlakukan kantong plastik berbayar kepada konsumen dianggap tidak berdasar aturan dan konsumen bisa menolak untuk hal tersebut.

“Sampai saat ini kami belum mengeluarkan aturan tentang kantong plastik berbayar kepada konsumen yang berbelanja di mini market,”katanya.

Baca : Indomaret dan Alfamart Telah Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

Dia menambahkan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan kajian tentang pemberlakukan pemberlakuan kantong plastik berbayar tersebut,” kami masih melakukan kajian tentang hal ini. Kajiannya itu, apakan ini dapat diterapkan di Kutim atau tidak”ungkapnya.

Lebih jauh dia menambahkan dirinya sendiri mengetahui kabar adanya kantung plastik berbayar dari media massa baik cetak atau elektronik. Bahkan terkait adanya beberapa ritel atau minimarket yang menerapkan kantung plastik berbayar di Kutim, dirinya pun belum mengetahuinya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberlakukan peraturan kantong plastik berbayar, guna mengurangi produksi sampah terutama dari bahan plastik.

Click to comment
To Top