Advetorial

Tokoh Masyarakat Dan Tokoh Pemuda Kutai, Bentuk ABKT

Abdal nanang menerima mandat dari pimpinan rapat Musyawara ABKKT

Sangatta,wartakutim.com – Para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kutai menggelar musyawara pembetukan lembaga adat yang di beri nama Lembaga Adat Besar Kutai (ABKT) Kutai Timur , Minggu (20/3/2015).

Bertempat di Aula pertemua kantor desa Sangatta Utara kecamatan Sangatta Utara, dalam forum pembentukan ABKT Kutim, Sayyid Abdal Nanang Al-Hasani dipilih secara aklamasi sebagai ketua umum .

Tokoh adatMusyawara yang baru pertama kali di gelar tersebut dipimpin oleh Aji Masroni Kadik dan dihadiri ratusan peserta yang terdiri para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda cukup ternama di Kutim.

Abdal Nanang menjelaskan, selama ini keberadaan adat kutai hanya ada di tingkat desa di Kutim, sehingga pihak bersama beberapa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kutai sepakat untuk membetuk sebuah adat besar untuk mempersatukan masyarakat adat Kutai yang ada di kecamatan dan desa.

“Selama ini orang Kutai belum memiliki lembaga adat besar, yang ada hanya lah lembaga adat tingkat desa maupun kecamata, yang sudah ada se kabupaten Kutai Timur. Sementara suku lain telah membentuk Adat di Kutim, sedangkan kita sendiri belum memiliki lembaga ada besar”katanya.

Selain itu kata dia, tujuan bentuknyan ABKT ini, untuk mengangkat adat Istiadat dan melestarikan adat budaya Kutai.”nantinya kami juga akan mengayomi suku dan paguyuban yang ada di Kutim,dan menyelesaikan permasalahan antar suku”katanya

Lebih lanjut dia menambahkan, kedepannya ABKKT akan bekerjasama dengan paguyuban yang ada di Kutim,dalam bidang adat dan budaya serta mengawal pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di Kutim.

“Kalau sudah deklarasi (dilantik), nantinya akan kami undang semua paguyuban-paguyuban yang ada di Kutim, kita akan buat MoU dengan mereka dan kerjasama dalam bidang adat dan budaya, bahkan yang lain-lainnya, untuk ikut serta membangun, ikut serta membantu pemerintah kabupaten Kutim yang dipimpin oleh Ismundar dan Kasmidi Bulang,”terangnya.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera mengadakan pelantikan pengurus pusat LAKB dan membentuk pengurus tingkat kecamatan.

“Insyah Allah, pelantikan nanti kami juga membuat even festival adat budaya, perlombaan olahraga tradisional dan beberapa kegiatan yang bertaraf seni budaya Kutai”Katanya. (Adv/IA)

Pendiri Adat Besar Kutai

5 Comments
To Top
%d blogger menyukai ini: