Berita Pilihan

Perayaan Paskah Dipusatkan di Christian Centre Kutai Timur Akan Disusul Berbagai Kegiatan Bhakti Sosial

Kegiatan donor darah salah satu rangkaian perayaan Paskah Gereja Katolik tahun 2016, Minggu (6/3) di Gereja Santa Theresia, Sangatta.

Sangatta,wartakutim.com – Perayaan Paskah umat Katolik di Sangatta, akan dipusatkan di Gereja Katolik Christian Centre Kutai Timur (CCKT), di jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara. Perayaan dalam rangka memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut itu, akan berlangsung selama empat hari sampai Minggu, (27/3).

Perayaan dimulai hari ini, Kamis (24/3), pukul 19:00 Wita, dengan bentuk perayaan Misa Kamis Putih. Perayaan dilanjutkan besok pagi, berupa kegiatan Jalan Salib, pukul 08:00 Wita. Usai Jalan Salib, perayaan Paskah dilanjutkan dengan peringatan Jumat Agung, yakni perayaan memperingati wafatnya Isa Almasih, pukul 15:00 Wita.

Perayaan Paskah yang akan diikuti oleh seluruh umat Kristiani dunia itu, kembali dilanjutkan Sabtu (26/3), berupa perayaan Sabtu Suci atau perayaan Malam Paskah, pukul 19:00 Wita. Sementara puncak Paskah, yang dipercayai oleh umat Kristiani sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus, akan diperingati pada, Minggu (27/3).

Ketua Panitia Paskah tahun 2016 Piara Barus mengatakan, selain perayaan berupa misa di gereja, paskah kali ini diisi juga dengan kegiatan bhakti sosial. Kegiatan bhakti sosial itu berupa donor darah, pengobatan gratis, pembagian Sembilan bahan pokok (Sembako) kepada lansia dan sumbangan peralatan belajar bagi siswa di Rantau Pulung.

Barus lebih lanjut mengatakan, salah satu kegiatan bhakti sosial berupa donor darah, telah digelarnya pada, Minggu (6/3) lalu, di Gereja Katolik, jalan Bukit Batubara, Sangatta Utara. Aksi sosial ini berhasil mengumpulkan 29 kantong darah.

Pengurus PMI Kutai Timur Salafudin Noor mengatakan, sumbangan darah itu bertepatan dengan merebaknya wabah demam berdarah di Kutai Timur. “Donor darah ini waktunya tepat dan langsung digunakan oleh pasien demam berdarah di Sangatta,” kata  Udin panggilan akrab Salafudin Noor.

Sementara itu, tentang pelaksanaan kegiatan bhakti sosial  lainnya, akan digelar usai perayaan Paskah. Kegiatan itu berupa, pemberian sembako bagi lansia, akan digelar di Sekretariat Paroki Santa Theresia, pada 10-17 April 2016. Sementara pengobatan gratis dan pemberian peralatan belajar kepada siswa di Rantau Pulung KM 102, akan digelar 10 April 2016.

Menurut Barus, panitia masih menerima sumbangan berupa beras, minyak goreng, mie instan, gula, vitamin, obat-obatan serta perlengkapan sekolah, alat tulis dan buku. “Bagi umat Katolik yang ingin menyumbang bisa datang langsung ke Sekretariat Paroki Santa Theresia Sangatta, jalan Bukit Batubara, Sangatta Utara,” ujar Barus.(*)

Perayaan Paskah Gereja Katolik Tahun 2016 di Christian Centre Kutai Timur

NO PERAYAAN HARI/TANGGAL WAKTU
1 Kamis Putih Kamis, 24 Maret 2016 19:00 WITA
2 Jalan Salib Jumat, 25 Maret 2016 08:00 WITA
3 Jumat Agung Jumat, 25 Maret 2016 15:00 WITA
4 Malam Paskah Sabtu, 26 Maret 2016 19:00 WITA
5 Minggu Paskah Minggu, 27 Maret 2016 08:00 WITA
Click to comment
To Top