Berita Pilihan

Pemkab Kutim, Garansi Pelaksanaan Porprov Kaltim Di Kutim

KAsmidi Bulang

Sangatta,wartakutim.com – Kabupaten Kutai Timur terus bersaing dengan Kabupaten Berau untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur. Namun peluang Kutim untuk menjadi tuan rumah Porprov Kaltim ke-6, lebih besar jika dibandingkan dengan Kabupaten Berau.

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan, dengan hadirnya perwakilan Pemkab Kutim dalam acara presentasi persiapan Kabupaten Kutai Timur menjadi tuan rumah PORPROV VI Tahun 2018 Kaltim, di Ballroom Hotel Mesra International, Samarinda, Rabu (30/3 ) lalu yang dihadiri seluruh KONI se Kaltim, menjadi bukti, bahwa pemkab Kutim serius untuk menjadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

“Dengan hadirnya pemerintah (Pemkab Kutim-Red) di acara tersebut, tentunya ini menjadi keseriusan Kutai Timur menjadi tuan rumah,” kata Kasmidi Bulang. Jika di bandingkan dengan Berau, lanjut pria yang akrab disapa KB ini, Kutim jauh lebih siap, apalagi Pemkab Kutim mendukung sepenuhnya Kutim menjadi tuan rumah Porprov Kaltim.

“Venue (arena/gelangang) Kita jauh lebih unggul dari Berau. Kemenangan dia (Berau) disana. Dia sudah punya trasnportasi udara,” katanya. Lebih lanjut dia menambahkan, Selain Venue, Pemkab Kutim juga telah mempersiapkan Hotel untuk para atlet, pelatih dan official.

“Untuk kesiapan hotel, kami sudah siap. Dari laporan Ketua Perhimpunan Hotel Kutim, kita memiliki 27 hotel di Sangatta dan itu sudah menampung. Kami juga nantinya akan membangun Homestay untuk para atlet dan begitu juga rumah makan, sudah juga kita inventarisir, semuanya tidak ada masalah,” jelasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, salah satu persyaratan untuk menjadi tuan rumah Porprov Kaltim dengan membayar uang jaminan sebesar Rp10 Milliar kepada KONI Kaltim. Namun jika tidak dapat melaksanakan uang tersebut akan hagus.

“Saya bilang, uang jaminan itu tidak usah ada, tapi garansinya. Dengan hadirnya saya, wakil Pemkab Kutim dan mewakili pak bupati, yang kebetulan ada kunjungan ke pesisir. Bahwa pemerintah Kabapaten Kutai Timur sangat serius, garansinya adalah saya,” terangnya.

Ditanya, tentang beberapa venue yang belum ada seperti cabang olahraga renang dan Balap Motor, Kasmidi mengatakan, pemkab Kutim akan membangun akan segera kedua Venue tersebut.

“Dalam waktu dekat kita akan bangun, dan untuk anggarannya kita akan lobby Pemprov Kaltim, Pemerintah Pusat dan Perusahaan,” katanya. Dia menambahkan, pembangunan venue untuk cabang olahraga renang dan Balap motor, Pemkab telah mempersiapkan lahan.

“Tidak perlu lagi pembebasan lahan. Lahannya sudah ada dan sudah pernah pematangan. Sekarang tinggal dibangunkan lintasannya saja.” Dikatakannya, seluruh kegiatan Porprov, kedepannya akan dipusatkan di Sport Center di Soekarno Hatta.

“Konsentrasi venue-venue nanti sebagian besar ada di sana. Tunjuan biar kita gampang memantau,” pungkasnya. (*)

Click to comment
To Top