Ragam

Pemkab Kutim Tambah 3 Unit Damkar

DAMKAR KUTIMSangatta – Pemkab Kutai Timur akan menambah tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan nilai anggaran sebesar Rp3 miliar.

Hal itu dikatakan Kepala Unit Pelaksana Tehnis Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (UPT PPK) Kutai Timur, Failu, S.Sos, saat dikonfirmasi Pilarkaltim belum lama ini.

Menurut Failu, pengadaan tiga unit mobil pemadam kebakaran itu diusulkan melalui APBD 2016 murni.

“Tiga unit mobil damkar itu masing-masing berkapasitas 10.000 liter air, dan nantinya akan ditempatkan di Kecamatan Bengalon, Sangkulirang dan Muara Wahau, masing-masing satu unit,” katanya.

Dikatakannya, tiga kecamatan tersebut, termasuk dalam rawan bencana kebakaran setiap tahun setelah Kota Sangatta. Oleh karena itu Pemkab menambah armada dan depannya akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran.

“mengenai SDM petugas UPT PPK Kutim, rata-rata memiliki keterampilan yang dapat diandalkan karena karena telah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Jakarta.”katanya, ketika ditanya terkait SDM petugas PMK di masing masing wilayah.

Ia menambahkan, pengiriman petugas pemadam kebakaran untuk mengikuti diklat di Pusat Latihan Keterampilan Pemadam Kebakaran (Puslatkar) pada 2013 lalu dilakukan dalam dua gelombang, masing-masing pada bulan Juni sebanyak 11 orang, dan pada bulan Novemver 2013 sebanyak 10 orang.(as/yss)

Click to comment
To Top