Ekonomi

Tahun Ini Pemkab Kutim Akan Bangun 3 Pasar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur Irwansyah

Sangatta,wartakutim.com – Pemkab Kutai Timur dipastikan akan membangun 3 pasar tradisional di tahun 2016 ini. Tentunya ini akan memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur Irwansyah mengatakan pembangunan ketiga pasar tersebut akan dibangun di kecamatan Muara Wahau, Muara Bengkal Dan Kecamatan Rantau Pulung.

“Ini kami sudah tahap tender. Pembangunan dilakukan secara bertahap, dan pembangunan ini baru pematangan,”kata Irwansyah ketika ditanya wartawan, tahap awal pembangunan ketiga pasar tersebut.

Menurut mantan Sekwan Kutim ini, pembangunan ketiga pasar tersebut berada dilokasi pasar yang telah ada dan lokasi lama. Dikatakanya, Rantau Pulung dan Muara Bangkal memang masih memiliki pasar hingga saat ini, sedangkan di Muara Wahau telah memiliki pasar, pemerintah membangun pasar yang telah ada.

“kalau yang di Rantau Pulung dan Muara Bengkal kita menggunakan lokasi baru, sedangkan untuk pasar di kecamatan Muara Wahau kita akan bangun di pasar lama,”ungkapnya.

Lebih jauh dia membahkan, pembanguna pasar tersebut, menggunakan dana APBD Kabupaten Kutim dan APBD Provinsi Kaltim,”Kalau pasar Rantau Pulung dan Muara Bengkal menggunakan APBD II (Kabupaten) sedangkan untuk pembangunan pasar di Muara Wahau Menggunakan APBD I (Provinsi),”jelasnya.

Disinggung masalah lahan pembangunan pasar dan relokasi pedagang, Irwansyah mengatakan, untuk pasar yang akan baru dibangun, pihaknya telah membebaskan seluruh lahan untuk pembangunan pasar tradisional yang akan dibangun pemkab tahun ini.

“Kalau pasar yang akan direhab (pasar Muara Wahau) kita sudah melakukan pertemuan pedagang, sehingga pedagang bersedia direlokasi untuk sementara hingga pasar selesai dibangun,”katanya. (IA/Wal/WK3)

1 Comment
To Top
%d blogger menyukai ini: