Warta Parlementeria

Inilah Tiga Raperda Yang Disahkan DPRD Kutim

IMG_8754

Sangatta,wartakutim.com – Setelah melalui proses pembahasan panjang akhirnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur mengesahkan 3 sekaligus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Adapun raperda usulan Eksekutif yang disahkan menjadi perda melalui rapat paripurna ke-7 tahun 2016 Kamis (19/4) lalu, diantaranya adalah Raperda tentang Larangan, Pengawasan, Penertiban, peredaran dan Penjualan Miniman Beralkohol di Kabupaten Kutim, Raperda Perlindungan dan Hak Anak serta Raperda Pengelolaan Zakat.

Pelaksanaan Paripura DPRD itu sendiri dipimpin ketua DPRD Kutim Mahyunadi dan dihadiri sebanyak 32 anggota DPRD Kutim serta perwakilan Pemkab Kutim yang di wakil Assisten III Bidang Ekonomi dan Keuangan pemkab kutim dan berikut unsur Muspida, para pejabat, dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kutim.

“Seperti Kita ketahui bersama pihak Pemkab Kutim, telah menyampaikan keinginan pemerintah mengenai Raperda kabupaten Kutim pada waktu yang lalu. Berbagai tahapan proser yang dilaksanakan dalam pembahasan raperda yang telah disampaikan pihak pemerintah,kata ketua DPRD Kutim dalam rapat paripurna.

Tiga Raperda yang digodok oleh tiga Pansus yang berbeda. Pansus Raperda Peredaran Minuman Beralkohol dipimpin Herlang Mappatitti, SE, sedangkan Pansus Raperda Perlindungan Anak di ketua politis PKS, Agusriansyah Ridwan, S IP dan Pansus Raperda Zakat diketua oleh H Sobirin Bagus. Ketiga pimpinan Pasus tersebut sepakat agar ketiga Raperda tersebut disahkan segera oleh pimpinan sidang.

Seperti kita ketahui,Tahun 2015 lalu, DPRD Kutim telah menggodok 3 raperda untuk segera disahkan dan ketiga raperda tersebut sangat penting untuk masyarakat Kutim. Apalagi melihat fenomena banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan anak dibawah umur. Raperda Perlindungan anak sangatlah perlu demi melindungi masa depan anak anak Kutim. (Adv/wal)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: