Berita Pilihan

Pelantikan Pengurus Dekopinda Kutim Priode 2015-2020

Dekopinda KutimSangatta,wartakutim.com – Puluhan pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Kutai, resmi dilantik oleh Ketua Dekopinda Wilayah Kalimantan Timur H. Gafar Jafar Abdul Gafar,Rabu (27/4).

Bertempat di Gedung Pertemuan Meranti, Setkab Kutim, pelantikan pengurus priode 2015-2020 ini disaksikan oleh bupati dan wakil bupati Kutim, Ismunandar-Kasmidi Bulang. Pelantikan ditandai pengambilan sumpah pengurus Dekopinda Kutim yang dipimpin H Sayid Abdal Nanang Al Hasani.

Ketua Dekopinda Kutim Abdal Nanang dalam sambutannya mengatakan, Dekopinda Kutim sempat mati suri, untuk itu dia, berjanji akan menjalakan dan menghidupkan roda organisasi dengan bersungguh agar koperasi yang ada di Kutim bisa maju dan mensejahterakan para anggota Koperasi.

“Di Kutim ada 1.067 koperasi, ini luar biasa. Kalau kita jalankan dengan sebaik-baiknya. Tidak usah koperasi sampai seribu ada satu atau dua koperasi saja sangat menonjol itu sangat baik. Karena itu Dekopinda Kutim mempunyai cita-cita memanjukan Koperasi yang ada di Kutim,”katanya.

Dengan dukungan dan kerja sama pemkab Kutim, sambung pria yang akrab disapa Abdal ini, gerakan koperasi di Kutim bisa lebih maju lagi.”Dengan dukungan bupati Dan wakil bupati yang baru, Koperasi di Kutim akan tambah maju,”katanya.

Sementara itu bupati Kutai Timur Ismunandar yakin, dengan kepemimpinan Abdal Nanang, Dekopinda Kutim akan berjalan lancar.”Saya yakin pak Djafar (Ketua Dekopinwil), kalau beliau ini memimpin, insyah Allah lancar,”ujar Ismunandar dalam sambutannya.

Namun untuk anggaran Dinas Koperasi, menurut Ismu tak perlu dinaikkan. Tapi bagaimana pembinaan terhadap koperasi yang ada.”Kalau untuk dana koperasi tidak usah kita naikkan, tetapi bagaimana kita akan naikkan dana untuk pembinaan dana koperasi kita,”terangnya.

Dikatakannya, peran pemerintah dalam rangka memajukan koperasi. Sebagai soko guru perekonomian Indonesia. “Dan ini sejalan dengan Visi-misi Ismu-KB, bagaimana menjadi masyarakat di pedesaan dan masyarakat di kecamatan selaku subjek pembangunan, tidak lagi kita menjadikan subjek pembangunan, “katanya

Ismunandar berharap Dekopinda Kutim, pemerintah bekerja sama dengan koperasi untuk menginventarisir koperasi yang ada di kecamatan masing-masing‎. Supaya tahu, mana yang beroperasi, mana yang sudah tidak aktif.

“kita bekerja sama dengan pihak koperasi menginventarisir. Koperasi mana yang benar-benar bukan papan nama. Kalau koperasi yang hanya papan nama. kita coret saja,”tegasnya (*/Adv/wal/ia)

Click to comment
To Top