Warta Parlementeria

DPRD : Pantai Sekerat Butuh Fasilitas Untuk Menarik Pengunjung

Wakil Ketua Fraksi Demokrat Kutim, Suriati, SE

Sangatta,wartakutim.com – Kawasan wisata pantai Sekerat Kecamatan Bengalon Kutai Timu, sangat berpotensial untuk menarik wisatawan dan menambah Income Pemkab Kutai Timur dari sector pariwisata. Selain itu juga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat sekitarnya.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Fraksi Demokrat yang juga anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) asal dapil Kutim III Suriati, S. Saat ditemui wartakutim .com di ruang kerjanya, belum lama ini

“Potensi wisata kita di kecamatan Bengalon khususnya pantai Sekerat, tidak kalah menariknya dengan potensi wisata daerah lainny, khususnya wisata pantai yang ada di Kutim,” kata Suriati.

Namun, kata dia, selama ini wisata pantai Sekerat masih kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim. Untuk  itu pihaknya berharap, Pemkab Kutim di bawah ke pemimpinan Ismundar-Kasmidi Bulang lebih peduli di sektor pariwisata khususnya pariwaisata pantai yang ada di Kutim yang dapat menambah PAD.

“Potensi wisata di kecamatan Bengalon khususnya wisata pantai di Sekerat, harus diutamakan. Sesuai dengan visi-misi Bupati dan wakil bupati Kutim, beliau akan akan mengembangkan sektor wisata Kutim, tak terkecuali wisata pantai, termasuk pantai Sekerat yang sudah dilirik masyarakat diluar Kutim, sepeti Kaltim, ” katanya

Dia menambahkan, Selama ini pantai Sekerat belum tersentuh dengan baik oleh pemerintah terdahulu, sehingga pantai Sekerat yang memiliki garis pantai sepanjang 3 kilometer ini, minim akan fasilitas khususnya akses jalan menuju pantai Sekerat.

“Selain Infrastuktur jalan, Pemkab juga harus membangun saran dipantai Sekerat, seperti membangun toilet, menyiapkan air bersih dan penginapan. Kadang kalau ada kegiatan di pantai Sekerat, pengunjung kadang menginap. Selama ini pengunjung kalau menginap biasanya menyewa rumah rumah penduduk. Ini karena tidak adanya fasilitas disana,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengunjung pantai Sekerat tidak hanya dari wilayah Kutim, bahkan ada yang datang dari Bontang, Samarinda, Balikpapan dan daerah-daerah lain di Kaltim sedah menjajaki tempat tersebut.

 “Pantai Sekerat tidak kalah dengan wisata pantai lainnya yang ada di Kutim maupun yang ada di Kaltim. Tiap  hari libur besar selalu ramai dikunjungi, seperti hari lebaran dan tahun baru. Mereka datang dari berbagai daerah. ”ungkapnya.

Menurutnya, pantai Sekerat sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi wisata lokan. Dikatakannya, yang menjadi daya tarik pantai Sekerat, selain garis pantai yang panjang juga pasir putihnya.”

Selain itu pantai sekerat juga pernah digunakan sebagai Latihan Gabungan (Latgab) TNI. Banyak hal yang belum tergali disana. Kalau pemerintah sudah menyiapkan fasilitas, saya yakin akan banyak lagi pengunjung kepantai Sekerat,” jelasnya.

Dia lebih jauh menambahkan, untuk menuju pantai Sekerat dari ibukota kecamatan bengalon dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.”selama ini jalannya memang bagus atas kontribusi perusahaan, Kita tekankan bagaimana pemda bisa membangun akses jalan tersebut, namun jaraknya sangat jauh. Apalagi jalan itu juga merupakan akses jalan masyarakat. “katanya.

“Ada sih akses jalan lebih bagus dan lebih dekat, tetapi harus melewati jalur perusahaan, yang hanya orang tertentu saja yang bisa melewati dan tidak dibolehkan untuk masyarakat umum. “tutupnya (ADV/wal)

Click to comment
To Top