Warta Parlementeria

Ketua DPRD Mendukung Pendampingan Kejaksaan untuk Pemerintahan Bersih

Mahyunadi Ketua DPRD KutimSANGATTA. Tawaran pendampingan dari Kejaksaan Tinggi ataupun Kejari kepada Pemkab Kutim dan DPRD Kutim dalam penggunaan anggaran daerah, disambut baik Ketua DPRD Kutai Timur Mahyunadi.

Mahyunadi mengatakan walaupun tawaran tersebut lebih ditekankan kepada lingkup Pemkab Kutim, namun DPRD Kutim yang memiliki fungsi pengawasan juga menyambut baik dan tentu bisa bersinergi dengan fungsi DPRD yang ada, untuk lebih melakukan fungsi pencegahan atau preventif.

Karena belajar dari pengalaman selama ini, langkah penindakan yang dilakukan cukup rumit dengan aturan hukum yang ada. Sehingga ke depan DPRD mendukung proses pencegahan yang dilakukan, terutama dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Bagi DPRD, ini langka positif, untuk mencegah korupsi. Kami sangat mendukung tawaran pendampingan ini,” katanya.

Terkait dengan anggaran besar di APBD Kutim, Mahyunadi mengatakan anggaran besar bukan menjadi permasalahan. Namun bagaimana agar anggaran besar tersebut di belanjakan sesuai aturan dan peruntukan yang ada. Walaupun saat ini Bupati Kutim belum menyampaikan RPJMD Kutai Timur, namun dirinya yakin dalam penyampaiannya nanti sudah terserap program-program pembangunan termasuk pembiayaan desa Rp 2,5 miliar hingga Rp 5 miliar per desa.

Sebelum program tersebut dijalankan, DPRD Kutim ingin mengawasi sistem pelaksanaannya terlebih dahulu. Jika sistem dan perangkat pengawasan program ini sudah baik, maka tidak ada alasan bagi DPRD untuk tidak mendukung program Pemkab Kutim ini.

Dikatakan, pemdampingan yang dilakukan pihak Kejaksaan ini sangat bagus karena tidak ada unsur intervensi di dalamnya. Para pendamping tidak melakukan intervensi terkait bagaimana pelaksaan proyek namun hanya regulasi hukumnya saja. Sehingga proyek yang dilaksanakan pemerintah nantinya tidak melenceng dari aturan dan regulasi hukum yang ada. Terlebih upaya ini untuk menciptakan kinerja pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan. (Adv/wal)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: