Berita Pilihan

Lama Tertidur, TV Kutim Akhirnya Kembali Mengudara

small_58TV_KutimSangatta,wartakutim.com – Setelah sekian lama tertidur, akhirnya televisi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur yang diberi nama TV kutim kembali mengudara. Namun, jangkauan televisi milik pemkab itu, hanya di wilayah bukit pelangi.

“Mulai tanggal 13 April 2016 lalu kami sudah uji coba.  Cuman jangkauannya masih di wilayah bukit pelangi saja. Insyah Allah, awal bulan Mei ini jangkauan TV Kutim bisa dinikmati warga Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Kalau di Bukit Pelangi dapat semua, meski tanpa menggunakan antenna,” kata  Diabudi, kepala UPTD TV Kutim, Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informasi Kutim, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Budi ini, mengaku pihaknya telah menjalin bekerjasama dengan pengusaha TV kabel yang ada di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, dengan membagikan step box tv digital dan antenna.

“Sudah kita berikan step box tv digital dan antena, sudah dua bulan yang lalu. Mereka (Pengusaha TV kabel) kita berikan melalui ketua Asosiasi TV kabel Sangatta. Nantinya mereka yang membagikan ke anggotanya. Ada sekitar 30 Pengusaha TV Kabel di Sangatta dan kita sudah berikan semuanya melalui ketua Asosiasinya,”ungkapnya.

Untuk tahap percobaan kata Budi, program TV Kutim hanya menyajikan berita dan Talk Show. “Kita masih menyajikan berita-berita. Meski menyajikan hanya 5 berita perhari, selain itu, acara dialog,” katanya.

Dikatakannya, TV kutim terakhir kali ON air pada akhir tahun 2014 lalu. Selama setahun mati suri karena banyaknya perbaikan yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam hal ini, UPTD TV Kutim.

“Tahun 2014 akhir sudah off air. Selama itu kita melalukukan perbaikan, hampir seluruh kita benahi alat. Mulai dari pemancar. Dari analog menjadi digital, dari kekuatan 500 watt menjadi 10 ribu watt,” jelasnya.

Selain itu lanjut Budi, pihaknya juga mengadakan beberapa peralatan studio untuk mendukung program-program TV Kutim. Seperti program pemberitaan dan pelaksanaan siaran langsung untuk kegiatan pemerintahan dan warga.

“Kami sudah mengadakan alat studio yang sudah digital dan 1 unit OB VAN (mobil modifikasi untuk broadcasting) yang dilengkapi didalamnya studio mini. Semuanya era digital,”terangnya.

Budi lebih jauh mengatakan, demi memantapkan penyiaran TV Kutim dan dapat diterima oleh seluruh warga Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, pihaknya akan menyurati seluruh pemilik TV kabel untuk segera memasang alat yang telah diberikan, seperti   step box tv digital dan antena.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan menyurati pemilik TV kabel untuk memasang alat yang sudah kami berikan, terus menyiarkan semua program TV Kutim.” ungkapnya.

1 Comment
To Top