Berita Pilihan

Dua Koperasi Swakarsa Buka Di Wahau

20160513_162944_resizedSANGATTA,Wartakutim.com – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar sangat bergembira, melihat hasil yang kini dicapai petani Sawit di Muara Wahau. Bahkan petani yang tergabung dalam koperasi Nim Bea Glang Mandiri, kini berhasil membangun gedung kantor yang megah, dengan nilai Rp1,9 miliar.

Melihat bangunan yang sangat besar, yang dibangun oleh koperasi yang beranggotakan 181 orang ini, Bupati Ismunandar mengatakan ini merupakan sejarah baru.

“Ini sejarah baru. ini salah satu bukti desa membangun,” katanya.

Diakui, hasil yang dicapai koperasi di Muara Wahau, ini tidak lepas dari perjuangan masa lalu dari bupati. “Dulu siapa yang getol menyuruh kita menanam sawit. Coba ingat. Saat itu saya masih asisten Ekonomi? Pertanyaan itu dijawab masyarakat, Awang Faroek!. Yah, Pak Awang, Bupati kita dulu. Dia yang getol, hampir tiap minggu mengajak, melakukan penanaman sawit, sekarang petani akhirnya dapat hasil yang luar biasa,” kenang Ismunandar.

Dikatakan Ismunandar, awalnya dulu petani banyak yang curiga, kalau menanam sawit hanya tipuan. Karena itu, Bupati Awang Faroek, terus meyakinkan petani. Bahkan banyak pengurus koperasi yang diajak melakukan kujungan kerja ke berbagai daerah yang sudah berhasil, untuk meyakinkan kalau menanam sawit itu, hasilnya bagus.

“Kami bersama dengan pejabat PT Swakarsa, bawa ke Kalsel, untuk melihat langsung koperasi yang sudah berhasil di sana, menanam sawit. Setelah petani yakin, akhirnya menanam sawit, bermitra dengan perusahan. Sekarang hasilnya bisa dilihat, dinikmati,” kata Ismunandar, dengan bangganya.

Karena koperasi di Wahau, khususnya yang bermitra dengan PT DSN (Swakarsa) sudah berhasil, karena itu, menurut Bupati tidak usah jauh-jauh ke daerah lain untuk mencari percontohan, tapi ke wahau saja. “Ini sudah bukti nyata, koperasi berhasil,” kata Bupati di depan puluhan pejabat, serta ratusan pengurus dan anggota koperasi yang hadir dalam acara pembukaan kantor baru koperasi tersebut.

Sekedar diketahui, dalam kunjungan bupati kali ini, Bupati meresmikan dua kantor koperasi sekaligus. Pertama adalah kantor Koperasi Min Bea Glang Mandiri di Desa Dea Beg yang bernilai Rp1,9 miliar dan kantor Koperasi Serba Usaha (KSU) Min Sun Lekuk, di Desa Bea Nehas (benhes). Kantor koperasi ini bernilai Rp500 juta. Kedua koperasi ini merupakan mitra PT DSN. (ima)

1 Comment
To Top