Ragam

KPC Kembali Raih Platinum Program HIV/AIDS Dari Menakertrans

Menakertrans Muhammad Hanif Dhakiri (kiri) menyalami Sari Kusuma dari KPC (kanan) pada acara penyerahan sertifikat K3 Award 2016 di Jakarta, Kamis (18/5).

Jakarta,wartakutim.com – PT Kaltim Prima Coal (KPC) untuk kelima kalinya sejak tahun 2012 lalu, berhasil mempertahankan predikat Platinum, program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Penghargaan berupa sertifikat itu diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhammad Hanif Dhakiri, pada acara K3 Award 2016, di Ruang Birawa Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, KPC diwakili oleh Manager External and Technical Support Sari Kusuma.

Penghargaan platinum merupakan apreasiasi tertinggi pemerintah atas program pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS di tempat kerja. Selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2011, KPC selalu meraih predikat platinum. Hanya pada tahun 2010 saja, KPC meraih kategori gold.

“Patut kita syukuri atas keberhasilan pencapaian tersebut. KPC telah menerima penghargaan sejak tahun 2010 hingga 2016. Ini merupakan komitmen KPC dalam mendukung program pencegahan HIV/AIDS di tempat kerja,” kata Imanuel Manege, General Manager Health, Safety, Environment and Security , di Sangatta, Kamis (19/5).

Imanuel lebih lanjut mengatakan, fokus utama KPC dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS adalah memberikan pengetahuan kepada karyawan dan kontraktornya tentang HIV/AIDS. Setelah itu menjaga kesehatan serta memantau kondisi kesehatan seluruh karyawan melalui medical check up rutin setiap tahun.

Perusahaan juga menggelar berbagai sosialisasi melalui acara safety talk, seminar dan pembagian brosur serta berbagai peringatan pada perayaan hari besar HIV/AIDS dunia. Imanuel memastikan, KPC atas terus meningkatkan upaya penanganan serta pencegahan HIV/AIDS dengan menggalang kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Menakertrans M. Hanif Dhakiri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja. “Saya sampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang telah berupaya menjadikan K3 sebagai budaya kerja dan mencegah HIV AIDS di lingkungan kerja,” kata Dhakiri.

Pada ajang K3 Award tahun 2016 ini, Menaker memberikan penghargaan kepada 100 perusahaan terbaik yang menjalankan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja. Sementara dalam bidang kecelakaan nihil diberikan kepada 840 perusahaan dan dalam bidang Sistem Manajemen K3 (SMK3) diserahkan kepada 714 perusahaan.(*)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: