Berita Pilihan

Kemenag Kutim Edarkan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Warga Sangatta yang melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Bukit Pelangi, tahun lalu.

SANGATTA, wartakutim.com – Gelaran sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1437 Hijriyah akan dilangsungkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 5 Juni 2016 mendatang dan langsung dipimpin Menag Lukman Hakim. Kegiatan itu sendiri akan menghadirkan para ulama, pimpinan ormas Islam dan pakar ilmu falak.

Dikutip dari Republika, Menag mengatakan jika sidang isbat berlangsung tertutup di kantor Kementerian Agama. Pihaknya akan mendengar laporan dari petugas Kemenag yang disebar di sejumlah titik di wilayah Indonesia untuk melakukan pengamatan hilal. Jika petugas yang melakukan pengamatan melihat hilal, kata Menag, maka sidang isbat akan memutuskan awal Ramadhan pada Senin (6/6). Tetapi sebaliknya, jika bila petugas tidak melihat hilal maka awal Ramadhan pada Selasa (7/6).

“Kalau petugas kita yang melakukan pengamatan melaporkan melihat Hilal maka sidang Isbat menetapkan awal Ramadhan pada Senin 6 Juni, namun jika tidak melihat, kita akan istimalkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari sehingga awal Ramadhan pada Selasa nanti,” kata Menag.

Sementara itu pihak Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Kantor Kabupaten Kutai Timur yang bertempat di Jl. Prof. Dr. Wirdjono Prodjodikoro di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta. Telah mengeluarkan jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 Hijriyah untuk pelaksanaan puasa pada tahun 2016, bagi wilayah Sangatta dan sekitarnya.

Dimana puasa pertama jatuh pada tanggal 6 Juni 2016 yang waktu imsaknya pada pukul 04.33 Wita dan waktu shubuh jatuh pada pukul 04.43 Wita, adapun untuk pelaksanaan puasa terakhir pada tanggal 5 Juli 2016 yang waktu imsaknya pada pukul 04.39 Wita dan waktu shubuh jatuh pada pukul 04.49 Wita. (Nall)

IMG-20160601-WA0002

1 Comment
To Top
%d blogger menyukai ini: