Ragam

Berikut 6 Mitos yang Dianggap Dapat Membatalkan Puasa

Ilustrasi | Sumber foto : liputan6.com

Berpuasa merupakan ibadah wajib bagi umat islam yang mampu. Ibadah ini dilakukan setahun sekali dalam bulan suci Ramadan. Nah, ketika melaksanakan ibadah puasa, banyak kegiatan-kegiatan yang dianggap bisa membatalkan puasa.

Tapi, hal yang belum jelas perlu kita bahas dengan baik, agar puasa anda tidak sia-sia dan dalam pembicaraan masyarakat yang ambigu. Inilah mitos dan penjabaran yang bisa diskusikan dengan pembaca.

1. Keramas

Orang tua mungkin pernah melarang anaknya keramas pada siang hari saat Bulan Ramadan. Aktivitas ini membuat tubuh lebih segar sehingga menjadi salah satu pantangan dan dianggap dapat membatalkan puasa atau mengurangi pahala.

Disebutkan dalam kitab Al-Majmu’ yang dikarang oleh Imam Al-Nawawi yang mengatakan, orang berpuasa boleh berendam di dalam air, menyelam di dalamnya serta menyiramkan air di atas kepalanya (keramas atau membasahinya saja).

2. Menangis

Tidak ada larangan dalam menangis, entah karena haru atau sedih. hanya saja menangis dihindari karena ditakutkan menangis tersedu-sedu (berlebihan) hal ini yang bisa membuat seseorang lepas kesadaran dan tidak bisa mengontrol emosi.

3. Sikat Gigi

Termasuk hal yang satu ini, orang masih banyak berpemikiran jika berkumur dan sikat gigi saat berpuasa itu tidak diperbolehkan. Padahal dua kegiatan untuk menangkal bau tak sedap pada mulut itu jelas diperbolehkan, asalkan saat berkumur tidak ada air yang masuk tertelan tenggorokan.

4. Disuntik

Suntik memang memasukan cairan ke dalam tubuh. Tetapi yang dimaksudkan memasukan sesuatu ke dalam tubuh adalah melalui rongga mulut, hal ini yang bisa membatalkan puasa. Sedangkan suntik karena sakit, tidak melalui rongga mulut.

5. Obat Tetes Mata

Sebagian orang menggunakan obat tetes mata itu tidak diperbolehkan saat berpuasa. Namun tidak seperti itu faktanya. Untuk kesehatan, anda tetap diperbolehkan menggunakannya, karena cairan obat tetes mata tersebut hanya masuk ke mata, bukan ke tenggorokan.

6. Donor Darah

Begitu juga dengan donor darah, tidak ada hukum yang melarang untuk melakukan kegiatan donor darah saat berpuasa. Asalkan kondisi Anda sedang fit dan kuat. Jangan sampai pendonoran darah membuat Anda lelah dan sakit hingga membatalkan puasa Anda.

Semoga pengetahuan yang sedikit ini bisa membuat kita bisa berpikir lebih realistis dalam mengkajinya. Selamat berpuasa 1437 H / 2016 M.

Penulis:

Ichwanudin

Pekalongan Jawa Tengah #

FB. Ichwan Scout

Sumber : Liputan6.com

Click to comment
To Top