Ragam

Volume Sampah Di Bulan Ramadan, Meningkat 50 persen

Kepala UPTD KPP Sangatta, Basuki Isnawan

Sangatta,wartakutim.com — Selama bulan suci Ramadhan, aktivitas masyarakat Sangatta dalam membuang sampah cukup tinggi. Hal tersebut terlihat adanya peningkatan meningkatnya volume sampah selama bulan puasa ini.

Demikian diugkapkan kepala UPTD Kebersihan, Pertamanan dan pemakaman (KPP) Kutai Timur Basuki Isnawan kepada wartakutim.com saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

“Kebutuhan masyarakat di bulan puasa ini semakin banyak. Hal ini pula lah yang memicuh pembengkakan volume sampah di Sangatta.”ungkap Basuki.

Menurut Basuki peningkatan volume sampah selama bulan puasa ini mencapai 50 persen. Berbeda dari hari biasa volume sampah di Sangatta mencapai 400 ton per hari, Selama puasa ini volume sampah mencapai 600 ton per hari.

“Selama bulan suci Ramahdan volume sampah mencapai 600 meter kubik, biasanya kalau hari biasa Cuman 400 meter kubik. Tahulah namanya konsumsi masyarakat meningkat di bulan puasa itu,” terangnya pria berbadan kurus tinggi ini.

Meskipun volume sampah meningkat selama bulan puasa, tetapi pihak tidak menambah jam kerja untuk petugas pengangkut sampah.

“Jam kerja selama bulan puasa ini, petugas pengangkut sampah kita yang muslim kita pekerjakan pada malam hari, sementara yang non muslim masuk pagi dan sore,”jelasnya.

Namun lanjut dia, bagi muslim yang bekerja pada malam hari diwajibkan usai shalat tarawih baru mulai bekerja. “kalau siang dibackup sama teman-teman yang non muslim, disinilah kebersamaan mereka,”tutupnya

Click to comment
To Top