Politik

Pilkades Serentak di Kutim Butuh Dana Rp8 Miliar

Ilustrasi

SANGATTA. Pemilihan Kepala Desa serentak di sekitar 78 desa di Sangatta yang rencanannya akan dihelat pada Agustus atau September mendatang, membutuhkan dana Rp7-8  miliar.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Erlyan Noor, Senin,11/7 saat di temui usai mengikuti Coffe Morning di ruang meranti Setkab, pukul 10.00 Wita,

“Kita butuh dana sebesar Rp7 miliar  hingga Rp8 miliar untuk melaksanakan Pemilihan serentak 78 Kades Se-Kutim,”katanya.

Kepada wartawan  Erlyan Noor mengatakan, ada 78 Kades yang telah disiapkan untuk Pilkades serentak nanti untuk tahap I.

Karena untuk pelaksanaan Pilakdes serentak itu dilakukan 2-3 kali. Yang agustus nanti itu tahap Pertama sebanyak 78 Kepala Desa.

“Saat ini 90 persen dari 78 Kades itu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt), makanya harus segera digelar Pilkades, karena terkait dengan pemerintahan dan keuangan,”katanya.

Dikatakan, Erly, untuk pelaksanaan Pilkades serentak di Kutim tinggal menunggu pengesahan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Perda sidah selesai tinggal disahkan DPRD sedangkan Perbup sedang dibuat bagian Hukum Setkan”katanya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar mengakui, perlunya pemilihan Kades dilaksanakan tahun ini. Sebab ini terkit dengan program pemerintahannya yang akan memberikan anggaran Rp2,5-5 miliar pembangunan  tiap-tiap desa.

“Kalau bukan kades definitip, maka program itu tidak bisa diberikan. Karena itu, desa-desa yang saat ini masih PLT, harus pemilihan, minimal September akan datang,” katanya. (ima)

Click to comment
To Top