Ekonomi

Peternakan Ayam Kampung Bengalon Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Bupati Kutai Timur Ismunandar saat dimintai keterangan usai coffe morning

Sangatta,wartakutim.com — Bupati Ismunandar mengatakan, tim penilai menyatakan ternak ayam kampung di Bengalon  berhasil sehingga  mendapat penghargaan  nasional. Hanya saja, kendala peternak ayam kampung  di sana soal pemasaran.

Pria yang akrab disapa Ismu ini meminta Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim untuk mendata berapa kebutuhan dan tidak terus memberikan bantuan sapi kepada kelompak ternak .

“Kan di perusahaan- perusahaan ada khateringan. Coba itu didata. Pengambangan usaha ternak ayam kampung bisa dilakukan dengan menggunakan dana CSR (corporate social responsibility),” harap bupati Kutim di kantornya, Bukit Pelangi, Senin (1/8/2016).

Menurut Ismunandar Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Peertanian dan Peternakan tidak hanya memikir budidaya ayam kampung, tapi perlu pula kalau berhasil dikembangkan ayamnya, di mana dipasarkan. Jual ayam kampung di mana?. Ini perlu mendapat perhatian serius agar para peternak tidak mengalami kerugian pada saat tiba waktu menjual ayam kampungnya.

Prestasi peternak ayam kampung sebaiknya dipublikasikan. Ini penting agar semua pihak tahu, bahwa pengembangan ayam kampung di Kutim sudah berhasil. “Keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai sebaiknya di publikasikan,” imbuh Ismunandar dalam rapat koordinasi. (ri)

1 Comment
To Top