Berita Pilihan

Polemik Sekda Kutim, Pekutim : Saya Berharap, Hari Ini Sekda Harus Diisi Dengan Sekda Definitif

Alim Bahri (Hitam) menanggapi pemilihan Sekda Kutim

Sangatta,wartakutim.com — Perbedaan pandangan antara Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak dan Bupati Kutai Timur terkait pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim terus mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat di Kutim. Salah satunya adalah LSM Pemuda Kutai Timur (Pekutim).

Menerut Ketua LSM Pekutim Alim Bahri, pemilihan sekda Kutim yang dipilih oleh Bupati Ismunandar, sudah melalui mekanisme UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagaimana diatur dalam Pasal 115 Ayat 1 sampai 4.

Dikatakannya, siapa pun yang telah direkomendasikan oleh bupati untuk menjadi sekda Kutim, sudah sesuai dengan prosedur  sebagaiman yang dilaksanakan oleh tim panitia seleksi. Dan semua pihak harus mendukung dan menghargai apa telah direkomendasi bupati Kutim.

“Saya yakin pemilihan Sekda Kutim, sedah melalui seleksi yang baik dan tertata dengan rapi. Dan Saya yakin bupati menentukan bukan karena pertimbangan asal, tapi betul-betul pertimbangan kinerja dan kemampuan dalam menjabat sekda, apalagi bisa bekerja sama dengan bupati dan bertanggungjawab,”ungkap Alim.

Alim lebih lanjut menambah, rekomendasikan bupati Kutim, adalah orang yang dapat menerjemahkan program-program Bupati dan wakil bupati Kutim.

Pihaknya berharap polimik ini segera berakhir dan melantik sekda berdasarkan hasil rekomendasi Bupati Ismunandar. “Kami berharap semua mendukung apa yang telah menjadi rekomendasi (Bupati). Kami juga berharap Gubernur memposisikakan Gubernur dan melihat ini murni kebutuhan kabupaten Kutai Timur dan memberikan kewenangan sepenuhnya kepada bupati,”katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, posisi sekda Kutim sudah hampir setahun lebih lowong dan hanya di isi oleh Ptl Sekda, sehingga sangat dirasakan dampaknya, khususnya di pembangunan yang akan dilaksanakan kedepannya.

“Kita sudah satu tahun, Posisi (Sekda) berada pada posisi PLT (Pelaksana Tugas). Dan sangat mempengaruhi sekali. Harapan kami ini segera berproses (dilantik) dan semua telah bekerja. Kutai Timur semua roda harus berputar, baik dilingkungan PNS sendiri. Pembangunan jangan tersendak dengan adanya polimik ini,. Saya berharap, hari ini sekda harus diisi dengan sekda definitif”katanya.

Alim lebih jauh mengatakan, ketiga calon Sekda Kutim yang lolos dalam tahapan seleksi merupakan putra-putra terbaik Kutim dan layak untuk mengisi posisi Sekda, Namun, untuk posisi sekda sendiri hanya ada satu dan memang bupati kutim yang mengambil sikap dalam penetapan sekda Kutim.

“Kami yakin, bahwa Bupati pasti menunjuk dari salah satu dari mereka penuh dengan pertimbangan yang sangat matang  dan itu didasari oleh pertimbangan kesiapan, SDM, Integritas dan segalannya. Saya yakin itu,”ungkapnya. (wal)

1 Comment
To Top