Berita Foto

Foto : Wabup Kasmidi, Membuka Acara Kemah Ilmiah Pelajar

kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang memberikan manfaat sangat besar bagi kalangan pelajar khususnya di tingkat SMA dan SMK, karena dalam kegiatan ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan yang diluar pelajaran formal seperti yang didapatkan dari sekolah.

wartakutim.com, Sangatta–Wakil Bupati Kutai Tumur (Wabup- Kutim) Kasmidi Bulang resmi membuka acara Kemah Ilmiah Pelajar (KIP) yang dilaksanakan DPD KNPI Kutim yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdikbud) Kutim, yang digelar di pantai wisata Teluk Lombok, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Jumat (12/8) siang

Wabup Kasmidi Bulang, mengaku banggah dan memberikan support kepada kegiatan tersebut. Ketua Kwarcab Pramuka Kutim ini mengatakan, kegiatan ini cukup positif apalagi peserta yang ikut dalam KIP tersebut merupakan siswa-siswi tingkat SMK-SMK dari beberapa kecamatan yang ada dikutim.

“Saya mewakili atas nama pemkab Kutim, sangat suport  dan memberikan apresiasi kepada dinda dinda pemuda, khususnya pemuda yang tergabung di pengurusan KNPI yang sudah berbuat dengan menyelanggarakan (KIP). Ini adalah salah satu kegiatan positif, mengumpal adik adik (peserta) dari 18 kecamatan,”kata Kasmidi, usai membuka acara KIP.

Menurut mantan Ketua KNPI Kutim ini,  kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang memberikan manfaat sangat besar bagi kalangan pelajar khususnya di tingkat SMA dan SMK, karena dalam kegiatan ini, para peserta akan  mendapatkan pengetahuan yang diluar pelajaran formal seperti yang didapatkan dari sekolah.

“Nanti disini (KIP) peserta akan diajak diskusi, Games dan sejumlah materi yang menyangkut, tentang leadership, lingkungan, Bahaya terhadap penyalagunaan narkoba, dampak dari pergaulan bebas dan sebagainya,”katanya.

Dia berharap, para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menyalurkan ilmu apa yang telah didapatkan dari KIP tersebut, didalam lingkungan sekolah daerah masing-masing peserta.

“Intinya pemerintah daerah mensuport kegiatan ini. Bukan hanya KNPI, tetapi semua organsasi-organisasi yang ada di Kutim yang membantu pemerintah dalam menjaga pemuda harus tetap pada relnya, tidak pada kegiatan-kegiatan negatif, seperti Narkoba dan sebagainya,”tutupnya.

Sementara itu, ketua DPD KNPI Kutim Nasrudin mengatakan, KIP ini terselenggara hasil kerjasama dengan KNPI Kutim dengan Disdikbud Kutim. Dan ini bukan kali pertama diadakan organisasi kepemudaan terbesar di Kutim itu. “tahun sebelumnya, kami pernah melaksanakan kemah ilmiah yang sama dengan target yang berbeda. “katanya.

Dia menambahkan, jika pelaksanaan tahun lalu, pesertanya adalah pelajar kelas 2 SMA dan SMK. Untuk tahun ini peserta KIP diikuti dari pelajar kelas 3 tingkat SMA dan SMK serta diikuti puluhan sekolah hampir seluruh kecamata. Tahun sebelumnya hanya beberapa sekolah saja, untuk tahun ini hampir semua sekolah se-Kutim ambil bagian dalam kegiatan ini,”terangnya.

Lebih jauh dia mengatakan, tujuan KNPI melaksanakan kegiatan ini adalah untuk membangun kaum muda yang berkarakter.”ini merupakan bagian dari pembelajaran ke organisasian. Belajar beradabtasi, sebagaimana disampaikan wabup tadi, dengan orang yang biasa berbeda karakter, tempat dan lingkungan yang berbeda. Meraka ini (peserta) merupakan calon-calon pemimpin masa depan Kutim.” katanya.

Nasaruddin mencontohkan, wakil bupati Kutim sebagai bukti nyata bahwa sekolah dan organisasi sama pentingnya. Beliau (Kasmidi Bulang, Red) separuh waktunya aktif di organisasi, dan juga membekali diri melalui sekolah formal. Kasmidi Bulang menjabat ketua DPD KNPI periode 2002-2004. Dia juga aktif di partai politik (Golkar). Dan, ketua Himpunan Keluarga Massendrengpuluh (Hikmah) Kutim. (wal)

1 Comment
To Top
%d blogger menyukai ini: