CItizen Jornalis

“Upaya Membangun Kaum Mudah Berkarakter”

Siswi SMA negeri 1 Rantau Pulung ( Kiri kedua) Pemenang LOmba Karya tulis

Karya Tulis Peserta SMA Negeri 1 Rantau Pulung

Kemah ilmiah pelajar 2016 yang diselenggarakan oleh pengurus DPD KNPI bekerjasama dengan dinas pendidikan Dan Pendidikan Kutai Timur ini, merupakan KIP jilid II yang diselenggarakan di desa sangkima tepatnya di Teluk Lombok. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam konsep dari kemah ilmiah pelajar jilid 2 ini, tentunya berbeda dari kemah yang biasa dilaksanakan oleh Pramuka, mengingat kemah pelajar ini di titik beratkan pada aspek mempersiapkan generasi muda atau pelajar agar lebih siap ketika menyongsong masa depan nantinya ayang kan menjadi mahasiswa kedepannya.

Adapun kegiatan yang telah kami ikuti selama di lapangan antara lain adalah, pendirian tenda, pembukaan orientasi KIP, sosialisasi beberapa materi dari para narasumber dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Sementara kendala yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan itu, dan  yang masih menjadi kekurangan dari kegiatan itu antara lain adalah, kurang disiplinnya waktu atau tidak tepatnya jadwal yang telah disepakati bersama. Hal ini mengakibatkan tertundanya beberapa kegiatan yang kami akan jalani. Ada pula kendala yang lainnya, yakni tidak konsistennya panitia terhadap kesepakatan yang telah disetujui bersama. Sedangkan tujuan dari kemah ilmiah pelajar ini yaitu “upaya membangun kaum muda yang berkarakter”.

Di dalam kimia ilmiah pelajar ini, saya juga mendapatkan banyak hal antara lain, dasar-dasar kepemimpinan/leadership. Pengertian dari leadership setiap orang pasti berbeda-beda,hal ini disebabkan karena bedanya sudut pandang setiap orang. Penjelasan mengenai dasar-dasar leadership dikupas dalam bentuk 5W 1H.

Materi ini selanjutnya yang kami dapatkan adalah kelestarian lingkungan hidup dinamika kelompok penanganan kekerasan seksual terhadap anak, sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan wawasan kebangsaan.  Tidak pelupa dalam setiap materi yang diberikan panitia menjadikan waktu untuk sesi tanya jawab. Hal ini bertujuan untuk melatih para kaum muda untuk aktif berpikir kritis dan lain sebagainya.

Di malam terakhir Kami mengikuti lomba pidato dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya yaitu “upaya membangun kaum muda yang berkarakter”, di hari terakhir ini nanti kami akan mengikuti kegiatan bersih-bersih Pantai Teluk Lombok serta kegiatan penutup dari kegiatan karya ilmiah ini

Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemah ilmiah pelajar dapat memberikan inspirasi dan gambaran untuk kaum muda agar menjadi kaum muda yang berkarakter.

[button color=”” size=”” type=”square” target=”” link=””]Dewan Juri Lomba Penulisan artikel dari dinas pendidikan dan Kebudayaan Kutim[/button]

Click to comment
To Top