Berita Pilihan

Memperingati HUT RI Ke-71 dan HUT Jalasenastri ke 70, Lanal Sangatta Gelar Berbagai Lomba dan Bakti Sosial

Sangatta, Satuan Pangkalan TNI Angakatan Laut (LANAL) Sangatta, menggelar berbagai kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 71 Tahun dan Ulang Tahun Jalasenastri ke 70 tahun. Salah satu kegiatan mencuri perhatian masyarakat adalah lomba panjat pinang berhadiah 1 unit motor Yamaha Soul. Beragam lomba khas Agustusan itu, juga mewarnai lapangan Lanal Sangatta, Kamis (18/8) kemarin.

Sejak pagi, para anggota angkatan laut bersama anggota Jalasenastari sudah memadati lapangan di depan Makolanal Sangatta. Lomba balap karung antar ibu-ibu jalasenastri mengawali kegiatan khas Agustusan kali ini.

Tak hanya itu, para ibu-ibu ini juga mengikuti lomba menggigit koin dari buah melon yang dilumuri coklat dan sepak bola terong. Puncaknya, lomba gebuk bantal di atas kolam dan lomba panjat pinang yang diikuti para anggota Lanal Sangatta dan tujuh instansi lainnya.

Bupati Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang serta Kapolres Kutim, AKBP Rino Eko turut menyaksikan lomba panjat pinang yang diikuti, jajaran Satpol PP Kutim, Polres Kutim, Depag Kutim serta jajaran Kodim 0909 Sangatta.

Dengan waktu 5 menit, setiap regu berkesempatan memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri oli. Di bagian ujung pohon, panitia sudah menyiapkan botol-botol air mineral berwarna merah putih yang sudah diisi dengan kertas bertuliskan jenis hadiah yang diperoleh.

Danlanal Letkol Laut (P) Donny Suharto mengatakan, seluruh kegiatan tujubelasan tersebut, tidak hanya diikuti oleh anggota Lanal Sangatta. Seperti lomba panjat pinang yang diikuti oleh 8 tim,  hanya dua tim peserta dari anggota lanal, selebihnya pertisipasi dari Instansi pemerintah daerah, organisasi dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini, sengaja melibatkan semua instansi dengan harapan, sesuai tema mengajak melanjutkan pekerjaan. Di wilayah, kami perlu membentuk solidaritas antara TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat. Karena, ada peran semua pihak dalam menjaga kedaulatan RI dan ketahanan negara pun jadi semakin kuat,” ungkapnya.

Kebersamaan seperti yang tercipta dalam beragam perlombaan, menurut Donny menumbuhkan rasa kerja sama dan gotong royong. “Kegiatan pun tak sampai di sini saja. Jalasenastri Lanal Sangatta juga akan menggelar penyuluhan kesehatan dan pencegahan kanker serviks di kantor Bupati Kutim, Senin (23/8) dan aksi sosial berupa sunatan massal, penanaman mangrove serta pengobatan gratis di kecamatan Bengalon pada 23 Agustus mendatang,” kata Donny

Click to comment
To Top