Ragam

KPC Serahkan Bantuan Pendidikan Rp 1,2 Miliar

WARTAKUTIM.com, SANGATTA — Komitmen PT Kaltim Prima Coal (KPC) dalam bidang pendidikan kembali diwujudkan kepada sekolah-sekolah di Kutai Timur. Hal itu dibuktikan dalam acara serah terima bantuan pembangunan gedung dan sarana penunjang pendidikan lainnya kepada 11 sekolah di Sangatta Utara, Teluk Lingga dan Rantau Pulung, Senin (5/9), di SDN 005 Sangatta Utara.

Prosesi serah terima itu dilangsungkan dari General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) Wawan Setiawan kepada Bupati Kutai Timur Ir Ismunandar, ST. MT. Selanjutnya, Bupati menyerahkan secara simbolis kepada 11 sekolah penerima bantuan.  Secara total anggaran yang dialokasi KPC senilai Rp 1,2 miliar lebih.

GM ESD Wawan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, bantuan diberikan sebagai bentuk keterlibatan KPC dalam percepatan pembangunan Kutai Timur. “Apa yang kami lakukan ini adalah bentuk dukungan kami untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kutai Timur. Dalam hal ini, kami sebagai katalisator pembangunan ikut serta dalam mencapai visi Kutim Cemerlang yang dicanangkan pemerintah,” kata Wawan.

Bupati Kutai Timur Ismunandar menyampaikan apresiasi atas peran KPC dalam bidang pendidikan di Kutai Timur. “Atas nama pemerintah Kutai Timur, saya mengucapkan terima kasih. Kita semua tau bahwa marak di pemberitaan tentang pemotongan anggaran. Jadi apa yang dilakukan ini adalah bentuk kepedulian KPC atas situasi itu,” kata Ismunandar.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan, peran KPC agar terus ditingkatkan untuk mencerdaskan masyarakat Kutai Timur. Secara khusus Ismu berpesan kepada para penerima bantuan agar sarana dan prasarana yang dibantu agar dirawat. “Mohon juga dipelihara agar tetap terawat,” pinta Bupati.

Kepala Sekolah SDN 005 Ester mengaku sangat senang dengan bantuan yang diberikan. Apalagi Bupati Bupati Ismunandar mau hadir secara langsung meresmikan kantin sekolah yang dibangun KPC tahun 2016 ini. “Saya terharu sekali Bapak Bupati mau datang ke sekolah kami. SD kami ini telah menjadi sekolah Adiwiyata Nasional dan salah satu syaratnya adalah adanya kantin sekolah.”

“Dulu kantinya selalu pindah karena belum permanen. Sekarang sudah permanen berkat bantuanKPC. Betapa bahagianya kami dengan bantuannya, sebab KPC sudah membangun sekolah kami ini sejak tahun era 90-an. Semoga KPC dan Pemkab selalu bersinergi untuk pembangunan Kutim yang lebih baik,” kata Ester.

Kepala TK Al Munawaroh Siti Rohima mengatakan, sekolahnya telah mendapatkan dukungan KPC sejak awal pembangunan hingga saat ini. “Kami dirikan sekolah ini karena memang sekitar sini tidak ada sekolah. Awalnya dulu kami numpang di Posyandu, namun setelah dibangun KPC baru kami pindah,” ujar Siti.

Ungkapan yang sama disampaikan Suster Kristina S. Pd, Kepala Sekolah SD Asisi. “Awalnya sekolah ini hanya 40 murid. Sekarang sudah  mencapai 600 murid lebih, jadi kewalahan menyediakan ruangan kelas. Syukur dan terima kasih kami dibantu KPC,” kata Suster Kristina.

Selain pembangunan sekolah dan sarana penunjang pendidikan lainya, KPC memiliki program beasiswa, kewirausahaan mandiri bagi pelajar melalui Prestasi Junior Indonesia, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan Lomba Keterampilan Sekolah (LKS) dan
uji kompetensi SMK.(*)

Distribusi Bantuan Pendidikan KPC senilai Rp Rp 1,267,205,000 miliar Periode tahun 2015/2016.

No Sekolah Jenis Bantuan
1 PAUD Melati Mukti Jaya Rantau Pulung 2 (dua) ruang kelas
2 PAUD An Nur Sangatta Utara 3 (tiga) ruang kelas
3 Sunday School Huria Kristen Batak

Protestan Sangatta Utara

Aula dan ruang sekolah minggu
4 TK Al Munawaroh, Swarga Bara Toilet dan alat peraga
5 TK Muhajirin Singa Gembara Alat peraga untuk mengajar
6 Madrasah Ibtidaiyah, Teluk Lingga 20 (dua puluh) meja guru
7 SD Asisi, Swarga Bara Finalisasi 9 (sembilan) ruang kelas
8 SD Islam DDI, Sangatta Utara 1 (satu) kantor guru
9 SDN 005, Sangatta Utara 1 (satu) kantin sehat
10 SDN 010, Sangatta Utara Selasar penghubung, bak sampah, tenda dan rak buku
11 SDN 011 Sangatta Utara

3 (tiga) unit computer dan 1 (unit) printer

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: